MANAJEMEN PRAKERIN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN DI SMK KABUPATEN SUMEDANG
(1) Universitas Islam Nusantara Bandung Jawa Barat
(2) Universitas Islam Nusantara Bandung Jawa Barat
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstract
This study aims to determine the activities of the implementation of industrial work practices (prakerin) SMK YPIB Tanjungsari Sumedang Regency and determine the response of the Business World / Industrial World (DUDI) to the competence of students at the time of the implementation of the SMK YPIB Tanjungsari in Sumedang Regency. This type of research is qualitative which produces descriptive data. The research was conducted at SMK YPIB Tanjungsari, Sumedang Regency and DUDI as a pre-engineering partner institution. Data collection is done by document analysis, interviews and questionnaires. Data analysis is carried out inductively. The results showed: 1) the implementation of industrial work practices in SMK YPIB Tanjungsari Sumedang Regency managed by the working group (Pokja) apprenticeship in charge of preparing all administrative tools needed for the implementation of internship; 2) the implementation of the internship is carried out in four stages, the first stage is preparation, the second briefing, the third implementation, the fourth withdrawal and evaluation; 3) DUDI's response to the implementation of the YTPIB Tanjungsari Vocational Training prakerin of Sumedang Regency
Keywords: Management prakerin, Graduates Competence
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) SMK YPIB Tanjungsari Kabupaten Sumedang dan mengetahui tanggapan Dunia Usaha/Dunia Industri (DUDI) terhadap kompetensi peserta didik pada saat pelaksanaan prakerin SMK YPIB Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian dilakukan di SMK YPIB Tanjungsari Kabupaten Sumedang dan DUDI sebagai institusi pasangan prakerin. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan praktek kerja industri SMK YPIB Tanjungsari Kabupaten Sumedang dikelola oleh kelompok kerja (Pokja) prakerin yang bertugas menyiapkan seluruh perangkat administrasi yang diperlukan untuk pelaksanaan prakerin; 2) pelaksanaan prakerin dilaksanakan dalam empat tahap, tahap pertama ialah persiapan, kedua pembekalan, ketiga pelaksanaan, keempat penarikan dan evaluasi; 3) tanggapan DUDI terhadap pelaksanaan prakerin SMK YPIB Tanjungsari Kabupaten Sumedang
Kata Kunci: Manajemen Prakerin, Kompetensi Lulusan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta:Rineka Cipta
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tetang penyelenggaraan Prakerin SMK.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/V/1993 tentang kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan.
Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional
Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah
Sa’ud Syaefudin Udin, Makmun Syamsuddin Abin Perencanaan Pendidkan Pendekatan Komprehensif ,Bandung: ROSDA Terry R George & Rue W Leslie (2019) Dasar-Dasar manajemen, Jakarta
Sugioyo. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta,Fokus Media:Bumi Aksara
https://m.detik.com.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i3.6645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 hanafiah hanafiah, eninurhayati nurhayati, tjiptodjuhartono djuhartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |