PENELITIAN TINDAKAN KELAS: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI COOPERATIVE LEARNING

Samin samin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstraks:  Suatu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan memperbaiki kegiatan belajar mengajar, analisis perbaikan pembelajaran yaitu dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil belajar melalui beberapa siklus pembelajaran,  metode  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dengan sample penelitian sebanyak 36 siswa kelas 8 Sekolah menengah pertama.Negeri 239 Jakarta. Dengan hasil penelitian adalah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari pra siklus ke siklus pembelajaran pertama, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus pembelajaran pertama ke siklus pembelajaran kedua. Pada siklus pembelajaran kedua dengan hasil test menunjukan sebagian besar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang di tetapkan pada nilai 70. Dengan kesimpulan bahwa model pembelajaran tipe STAD dengan tambahan tugas pekerjaan rumah dapat memaksimalkan hasil belajar matematika.

Kata kunci: penelitian tindakan kelas, cooperative learning, dan hasil belajar matematika.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anwar, A., & Jaliyuddi, J. (2016). Pengaruh Disiplin Dalam Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 2 Sampolawa. Edumatica, 06(April), 25–36.

Badrun, B., & Hartono, hartono. (2013). Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP The Effectiveness of the STAD Type Cooperative Learning Method and Motivation Viewed from Students ’ Achievement in Clas s VIII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 120–134.

Giyanti, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 37. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635

Glass GV, McGaw B, S. M. (1981). Meta-analysis in social research. Newbury Park-London-New Delhi: Newbury Park: Sage Publications.

Gustia, D. E., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). IMPLEMENTATION OF STAD LEARNING MODELS TO IMPROVE 5th STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS AND MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES. Jurnal Daya Matematis, 6(3), 265. https://doi.org/10.26858/jds.v6i3.8527

Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69

Legiman, L. (2015). Penelitian Tindak Kelas (PTK). LPMP Yogyakarta, 1(1), 1–15. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://lpmpjogja.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2015/02/Penelitian-Tindakan-Kelas-PTK-legiman.pdf&ved=2ahUKEwjK7aGUlZroAhWGyTgGHc20BC0QFjADegQIARAB&usg=AOvVaw3WL-rUuvxMRRWLfrtJXMTd

Maelasari, E., & Wahyudin. (2017). Effects of Cooperative Learning STAD on Mathematical Communication Ability of Elementary School Student. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012090

Maisaroh, M., & Rostrieningsih, R. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 7(2), 157–172. https://doi.org/10.21831/jep.v7i2.571

Monicca C, I., Subkhan, & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di SMK Palebon Semarang. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 414–426.

Nurdin, N., & Munzir, M. (2019). Ilmu Pengetahuan Sosial Geografi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 21.

Parluji, P., & Nainggolan, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Minat, dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 52–61.

President, R. I. Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 19 Year 2005 about National Standards of Education. , (2005).

President, R. I. Republic of Indonesia Law number 14 year 2005 about teachers and lecturers. , (2005).

Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). Pengaruh Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Prajekan Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2017), 67–74. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6448

Sari, K., & Putu, L. (2015). The Development of Learning Models Modified Student Teams Achievement Division (Mstad) In Improving Student Learning Outcomes to The Study of Algebraic Structures. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 116–122.

Triani, D. A. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Jigsaw Di Perguruan Tinggi. Universum, 10(2), 219–227. https://doi.org/10.30762/universum.v10i2.262

Utomo, P., Winarno, W., & Suwahyo, S. (2008). Perbandingan Model Pembelajaran Konvensional dan Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan sistem Pengapian. Pendidikan Teknik Mesin, 8(1), 31–36.

Virgana, V. (2016). Stad Problem Solving Minat dan Pemahaman Konsep. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 297–308.

Virgana, V. (2017). Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran dan Disiplin Belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 273–282.

Virgana, V., Samin, S., & Ningsih, R. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(1), 95–108.

Zulyadaini, Z. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-Coop Dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153–158.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Samin samin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.