MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Rina Wahyundari(1*)

(1) Guru Matematika SMP Negeri 10 Tambun Selatan
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model kooperatif tipe numbered head together di kelas VIII.D SMP Negeri 10 Tambun Selatan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.D SMP Negeri 10 Tambun Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 36 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh data hasil tes evaluasi pembelajaran yang mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu data hasil tes pra siklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 72,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 44,44%, yang mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 77,72 dengan ketuntasan klasikal 69,44%, mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 79,22 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model kooperatif tipe numbered head together di kelas VIII.D SMP Negeri 10 Tambun Selatan.

Kata kunci: Hasil belajar, matematika, numbered head together


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Mohamad. 2016. Model Pembelajaran Cooperative. Bandung: Alfabeta.

Astuti, Griya. 2016. Model Penilaian Kelas. Jakarta: Puslitbang.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning; Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2013. Cooperative Learning; Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Kurnia, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. Undang-undang No.20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2013.

Rifa’i dan Chatarina Tri Anni. 2014. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Sanjaya, Wina. 2014. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

_________. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2013. Belajar dan Fakta-fakta yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2013. Cooperative Learning: Analisis Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprihartoyo dkk. 2014. Matematika Untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thobroni, Muhammad dan Mustofa Arif. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, Hamzah B. 2014. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winkel, WS. 2016. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Wiraatmadja, Rochyati. 2015. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zulfiani, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rina Wahyundari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.