Pengaruh Kecerdasan (Intelligence) Sebagai Komponen Sistem Informasi Dalam Perilaku Inovatif dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Di SDIT Miftahul Ulum Cinere)

Atikah Atikah(1*)

(1) universittas indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kinerja guru menjadi dasar keberhasilan sekolah dalam mencetak pribadi dan membangun karakter siswa Indonesia sesuai dengan UUD dan Pancasila. Dalam penelitian ini terdapat fenomena yang terjadi, yaitu terdapat kecenderungan melemahnya kinerja guru. Terdapat beberapa guru yang belum mempunyai kemampuan yang  baik saat menggunakan sistem informasi. Selain itu, setiap tahun, lebih dari 6 orang guru mengundurkan diri. Hal ini tentu akan menjadi masalah jika tidak secepatnya diatasi. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh kecerdasan (intelligence) sebagai suatu komponen sistem informasi dalam perilaku inovatif serta motivasi guru dalam mengajar dalam kaitannya dengan peningkatan kinerja guru di Sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kecerdasan sebagai komponen sistem informasi terhadap kinerja guru, menganalisis pengaruh perilaku inovatif terhadap peningkatan kinerja guru, menganalisis pengaruh motivasi guru dalam mengajar terhadap kinerja guru, dan menganalisis secara simultan pengaruh kecerdasan, sikap inovatif dan motivasi guru dalam mengajar terhadap kinerja guru dan faktor manakah yang lebih berpengaruh. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Dari hasil wawancara peneliti dengan informan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan sebagai komponen sistem informasi terhadap kinerja guru. Semakin baik kecerdasan guru maka semakin baik kinerjanya. Perilaku inovatif berpengaruh terhadap kinerja guru. Sistem informasi juga berpengaruh positif terhadap perilaku inovatif guru.

 

Kata Kunci: Kinerja Guru, Sistem Informasi, Motivasi Guru.



DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Atikah Atikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.