IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BCCT BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time) berbasis multiple intelligences dalam mengembangkan karakter siswa Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mengacu kepada paradigma naturalistik alamiah yang bersumber pada pandangan fenomenologis. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan pengumpulan berbagai dokumen terkait dengan menggunakan instrumen berupa pedoman wawancara, lembar observasi, catatan lapangan dan angket. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, orangtua dan siswa pada Madrasah Ibtidaiyah Asy Syukriah Tangerang Provinsi Banten. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran BCCT Berbasis multiple intelligences pada siswa sekolah dasar dikembangkan berdasarkan delapan kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, logis matematis, spasial, musical, kinestetik, interpersonal, intrapersonal dan naturalis sedangkan karakter yang dibangun adalah karakter religiusitas, mandiri, integritas dan gototng royong
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR RUJUKAN
Almerico, Gina, (2014) Building character literacy with children’s “, (The universitas of Tampa, Research in Higher Education Journal)
Battistich, Victor, Character Education, Prevention, and Positive Youth Development, universitas of Missouri, St. Louis
Creswell, John W, (2014). Reasearch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, (Yogyakarta: Pustaka Pelaja)
Kemendikbud, Pengembangan Kurikulum 2013 (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Kusuma, Doni, (2010) Pendidikan Karakter Strategi mendidik anak di Zaman Global (Jakarta: PT Grasindo)
Mufrihatin, (2008) Aplikasi Metode BCCT (Beyond Centers and Circle Times) dalam Pembelajran Pendidikan Agaman Pada Anak Usia Dini, (Yogyakarta: UNI Sunan Kalijaga)
Mukhlisoh, M dan Suwarno. Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah Jurnal Darusalam, Volume 11 (1) 2019. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/449
Mustakim dan Salman. Character Building Based on Local Culture (Case Study on State Senior High School 4 Enrekang)Edumaspul: Jurnal Pendidikan – Vol 3 No. 2 (2019) page 22-30 DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.133
Puspitasari, Mukti Diyah, Implementasi Pembelajran Beyond Center and Circle Time di Kelompok Bermain (KB) Surya Ceria Aisyiyah (SCA) Karanganyar, (Yogyakarta: UNY)
Spradley, James P, (1980). Participant Observation, (USA: Holt, Rinehart and Witston.
Sudrajat, Ajat (2010) “Mengapa Pendidikan Karakter?”, (Yogyakarta:UNY)
Susilowati,Dwi (2017) “Pentingnya Pendidikan Karakter” http://www.kompasiana.com/www.dwisusilowati.com/pentingnya penanaman karakter-sejak-dini_54f34eff745513902b6c700e diakses (5 januari 2017)
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.6220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Maharani Ramadhanti, Erna Retna Safitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |