IMPLEMENTASI BLANDED LEARNING DALAM MENGKAJI ISU-ISU SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDG’S)

Shahibah Yuliani(1), Dian Alfia Purwandari(2), Nova Scorviana Handayani(3), Nurul Istiqomah(4*)

(1) Program Studi Pendidikan IPS
(2) Program Studi PIPS FIS UNJ
(3) Program Studi PIPS FIS UNJ
(4) Program Studi PIPS FIS UNJ
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

dilakukan blended learning dalam mengkaji isu SDG’s, kendala dan cara dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi partisipatif, dan dianalisis menggunakan software NVIVO 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi blanded learning dilakukan melalui google-classroom sebagai media pembelajaran, google scholar sebagai media pengembangan pengetahuan, dan google-form sebagai media evaluasi, yang diperkuat dengan berdiskusi saat tatap muka; (2) alasan diperlukan blended learning, karena mahasiswa merasa lebih tertarik, paperless, dan bersifat fleksibel.; (3) Kendala yang dihadapi pada blanded learning adalah jika e-learning mengalami lemahnya koneksi internet, tidak menguasai e-learning, dan ketika mahasiswa tidak memperhatikan intruksi dalam pembelajaran. Respon dosen yang lambat dalam memantau e-learning juga dapat menjadi kendala. Oleh karena itu, untuk mengatasi kendala tersebut, mahasiswa dan dosen perlu saling interaktif, sehingga blanded learning dapat efektif.  

Kata Kunci: Implementasi, Blanded Learning, Sustainable Development Goal’s


Full Text:

Tidak berjudul PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Husamah. (2014). BLENDED. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/320035220_PEMBELAJARAN_BAURAN_BLENDED_LEARNING

Lestari, D., S, S. M. E., & Susanti, R. (2016). Journal of Innovative Science Education. 5(1), 83–93.

Ramadhan, R., Chaeruman, U. A., & Kustandi, C. (2018). Jurnal Pembelajaran Inovatif Pengembangan Pembelajaran Bauran ( Blended Learning ) di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 1(1), 37–48. https://doi.org/10.21009/JPI.011.07

Rully Amrizal. (2016). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII MTs SKRIPSI (Universitas Negeri Semarang). Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/24045/1/1102412020.pdf

Sari, A. R. (2013). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . XI , No . 2 , Tahun 2013. XI(2), 54–67. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/1689

Suci Pratiwi Agustin. (2019). Pengaruh blended learning berbantuan google classroom terhadap hasil belajar siswa sma pada konsep gerak lurus skripsi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Shahibah Yuliani, Dian Alfia Purwandari, Nova Scorviana Handayani, Nurul Istiqomah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.