PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK di MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN NURUL HARAMAIN NAHDHATUL WATHON CIGOMBONG BOGOR

ismail akbar brahma(1*)

(1) STKIP Kusumanegara Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRACT

 

Criminality and by the misbehavior minors will be attention for  parents, teacher and  the society. Function of education is to alter behavior students from negative to a positive direction, developing moral and personality of bad attitude and students can retain a of good in their character. The purpose of this research is to know the role in form the character of students in Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Haramain Cigombong Bogor. The method of this research is descriptive . Data was collected by in the interview, observation, and documentation. Data analysis was performed by data reduction, data presentation and conclusion on verifications. The results of this research are 1) Role of the teacher on the student character is very high . it can be realised through of learningin a class and out side. Teacher can give example to students by their behavior such as discipline, their mastery of the material and understand about Al-Qur’an and hadits, 2) to develop student character can implanted through extracurricularactivities by school such as Organisasi Pondok Pesantren Modern and Pramuka. Teacher can supervised all positive activites to form student character.

 

Keyword: Teacher, Form Character, Student

 

 ABSTRAK

 

Meningkatnya kriminalitas dan kenakalan yang dilakukan anak di bawah umur tentunya menjadi perhatian khusus bagi orang tua, guru dan lingkungan masyarakat sekitar. Tujuan dari pendidikan yaitu untuk mengubah perilaku peserta didik dari negatif ke arah positif, mengembangkan kepribadian dari akhlak buruk ke akhlak mulia serta peserta didik dapat mempertahankan karakter yang baik dalam dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membentuk karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Haramain Cigombong Bogor. Metodologi penelitian ini adalah deskriptif . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru dalam membentuk karakter peserta didik sangatlah besar, hal ini dapat diwujudkan melalui pembelajaran yang kondusif baik di dalam dan diluar kelas. Guru dapat memberikan contoh atau teladan terlebih dahulu kepada peserta didik tentang kedisiplinan, penguasaan materi ajar, pemahaman Al-Qur’an dan Hadits, 2) Pembentukan karakter peserta didik di dapat ditanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah seperti Organisasi Pondok Pesantren Modern dan Pramuka yang dapat dibina dan diawasi oleh guru dalam membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan-kegiatan positif pada ekstrakurikuler tersebut.

 

Kata Kunci: Guru, Pembentukan Karakter, Peserta didik


Full Text:

PDF

References


Dyah, Kusumaningrum Yunita. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Peserta Didik di SMA AL-Hikmah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol. 4 No. 4 April 2014 . hal 190-200.

Fauzi, Ariyanto, Solihatin. 2013. Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal PPKN UNY Online. Vol.1, No.2 Hal 1-14.

Kurniasih, Imas. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kata Pengantar

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: PT Grasindo

Mulyasa. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mu’in, Fathul. 2011. Pendidikan Karakter : Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jakarta : Ar-Ruzz Media.

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tentang Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nur Amalia, Faizah. 2017. Fungsi Guru dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Univeristas Negeri Malang Hal 169-180.

Rina dan Marzuki. 2017. Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter . Tahun VII No. 1 April hal 109-123.

Undang-Undang Sisdiknas RI No.20 Tahun 2003.

Zaini. 2013. Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islam. Bandung : Gunung Djati Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.5023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ismail akbar brahma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.