PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPA TENTANG TUMBUHAN MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI KELAS II SDN TANGERANG SELATAN
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan, memecahkan masalah melalui penerapan langsung di kelas. Penelitian ini dilakukan pada kelas II semester I Tahun Pelajaran 2012/2013 di SDN Parakan II Pamulang. Pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dapat dilakukan dengan pendekatan ekspository dan discovery. Metode ekspositori adalah metode pembelajaran yang digunakan dengan memberikan keterangan terlebih dahulu definisi, prinsip dan konsep materi pelajaran serta memberikan contoh-contoh latihan pemecahan masalah dalam bentuk ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan penugasan. Siswa mengikuti pola yang ditetapkan oleh guru secara cermat. Penggunaan metode ekspositori merupakan metode pembelajaran mengarah kepada tersampaikannya isi pelajaran kepada siswa secara langsung. Hasil analisis siklus pertama pelaksanaan pembelajaran 90%, motivasi 71,53%. Hasil siklus pertama ini belum mencapai target, maka perlu dilakukan tindakan siklus kedua. Pada siklus kedua pelaksanaan pembelajaran 96%, motivasi 86,82%. Hasil pada siklus kedua ini sudah mencapai target peneliti yaitu sebesar 80%.
Dari pembahasan terdahulu diambil kesimpulan bahwa motivasi belajar siswa tentang tumbuhan meningkat melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.
Kata Kunci: ekspository, discovery, motivasi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v2i3.482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Netty Demak H.Sitangggang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |