PEMBELAJARAN TEKNIK REKAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SENI MUSIK) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERSONAL

Hana Permata Heldisari(1*)

(1) Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring dengan berkembangnya arus globalisasi, pertumbuhan industri rekam semakin meningkat, dengan kata lain kebutuhan ahli dalam bidang teknik rekam juga semakin bertambah. Jika bangsa kita tidak siap menghadapi tantangan global dan tidak dapat memanfaatkan peluang, maka kita akan tenggelam di tengah arus globalisasi. Oleh karena itu diperlukan pembekalan yang optimal bagi bangsa kita, salah satunya melalui pendidikan vokasi yaitu sekolah menengah kejuruan bidang seni musik. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, seorang guru perlu menentukan sebuah model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran personal adalah salah satu yang bertitik tolak dari teori humanistik, yaitu berorientasi pada pengembangan individu dimana guru menciptakan kondisi kelas yang kondusif, agar peserta didik merasa bebas dalam belajar mengembangkan dirinya baik emosional maupun intelektual. Model ini sesuai dengan tujuan khusus pendidikan menengah kejuruan yaitu (1) menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif dan mandiri, (2) menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karir dalam berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahliannya, (3) membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni agar mampu mengembangkan diri secara mandiri (4) membekali peserta didik dengan kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih.

 

Kata kunci: pendidikan vokasi, teknik rekam, model pembelajaran personal


Full Text:

PDF

References


Bartlett, B. 2009. Practical Recording Techniques (5th ed.). Oxford: Focal Press

Hariyanto dan Suyono. 2015. Implementasi Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Joyce, Bruce & Marsha Weil. 1996. Models of Teaching, Fifth Edition. USA: Allyn and Bacon A Simon & Scuster Company

Li, Y.M, et al. 2015. Research on the Computer Music Production Technology System under the Digital Background. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 2015:Vol.10, No.11, pp.21-32

Owsinski, B. 2008. The Mastering Engineer’s Handbook (2nd ed). Boston:Cengage Learning

Persson, S. 2006. Technology, Society, Industry, and Music Production. Pitea: Lulea University of Technology

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung. Cetakan pertama. Pustaka Bani Qurais




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i3.4414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hana Permata Heldisari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.