EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA PADA SMK PGRI 16 JAKARTA

Irwan Siagian(1*), Maman Paturahman(2), Chadis Chadis(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI- Pendidikan Bahasa Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI- Pendidikan Bahasa Indonesia
(3) Universitas Indraprasta PGRI- Pendidikan Bahasa Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) evaluasi program, (2) praktik kerja industri, dan (3) akuntansi keuangan lembaga di SMK PGRI 16 Jakarta. Hasil penelitian yaitu: (1) proses perumusan program praktek kerja industri tetap mengacu pada pesan kurikulum dan pengembangannya agar berkoordinasi dengan pihak institusi pasangan. Hal tersebut agar terdapat sinkronisasi dan relevansi antarprogram yang dirumuskan oleh sekolah dengan pihak institusi pasangan. (2) Pihak sekolah kiranya dapat mengevaluasi kembali tentang kondisi siswa sebagai peserta dilihat dari kompetensi, performa, dan mentalitasnya melengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan, sehingga mereka lebih siap saat melakukan praktek kerja industri di lapangan. (3) Pihak dunia usaha dan dunia industri agar tetap memberikan pelayanan secara optimal bagi seluruh peserta prakerin dengan menyertakan karyawan setempat menjadi tutor bagi para siswa di lapangan. Proses bimbingan yang dilakukan oleh para pegawai setempat senantiasa harus mempelajari dan mengacu pula pada buku pedoman yang dimiliki oleh para siswa sebagai kepanjangan tangan dari pihak sekolah/ pemerintah. (4) Pelaksanaan praktek kerja industri harus tetap dilaksanakan sebagai wujud dari pelaksanaan sistem ganda antara sekolah dengan institusi pasangan. Hal ini penting karena SMK sebagai sekolah kerja (vocational school) pada dasarnya sangat berorientasi pada mempersiapkan para siswa sebagai tenaga menengah yang siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri.


Full Text:

PDF

References


Anastasia, Diana dan Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Teori Akuntansi Edisi Revisi: Cetakan Sebelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ibrahim, R dan Muhammad Ali. 2007. Teori Evaluasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Mardiyah, Siti Khayatun dan Edy Supriyadi. 2013. Evaluasi Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Pemasaran SMKN 1 Pengasih, Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi Pendidikan, Vol. 3, Nomor 3.

Rochiyatun. 2016. Evaluasi Program Kerja Industri Studi Kasus Pada SMK Negeri 13 Jakarta. Tesis Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka.

Suwardjono. 2008. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Widoyoko, Eko Putra dan Saifuddin Zuhri Qudsy. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan. 2011. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yadiati, Winwin. 2007. Teori Akuntansi: Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.

Yusuf, Farida. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i3.4255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Irwan Siagian, Maman Paturahman, Chadis Chadis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.