Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Dan Penilaian Pembelajaran Peserta Didik Melalui Supervisi Akademik

Latifah Hanum(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatan kompetensi guru dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran peserta didik melalui supervisi akademik. Subjek penelitian adalah 20 orang guru SMP Negeri 5 Tambun Utara. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah model Kemmis yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan instrumen kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dan instrumen kompetensi guru dalam penilaian pembelajaran peserta didik. Hasil penelitian dari instrumen yang mengukur kompetensi guru, yaitu penilaian praktik pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata 90,00 masuk dalam kategori Baik dengan prosentase keberhasilan mencapai 100,00% dan penilaian kemampuan guru terhadap penilaian pembelajaran peserta didik diperoleh nilai rata-rata 92,50 prosentase keberhasilan mencapai 100,00%.

 

Kata Kunci: Kompetensi, pembelajaran, supervisi akademik

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ametembun. 2010. Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit Suri.

Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghani, Abd. Rahman A. 2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Nasional. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosyda Karya..

Sagala, Syaiful. 2011. Kemampuan Profesional GUru dan Teanga Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.

Sergiovanni, Thomas J. & Robert J. Starrant. 2007. Supervision: Human Perspectives. New York: McGraw-Hill Inc.

Usman, Moh. Uzer. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v6i1.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Latifah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.