PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS X SMK

Made Agustia Permata Wardani(1*), Rufi'i Rufi'i(2), Harwanto Harwanto(3)

(1) Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis ICT terhadap pencapaian hasil belajar sistem komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan model posttest only control group design. Subjek penelitian adalah siswa SMK kelas X pada kompetensi keahlian Multi Media dan Teknik Komputer dan Jaringan sebanyak 90 orang yang terdiri atas dua kelompok yaitu kelompok yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis ICT dan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengukur hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah T-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung (10,012) > t tabel (1,66) dengan p–value 0,000 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sistem komputer antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis ICT dan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensional. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran berbasis ICT berpengaruh sangat nyata terhadap pencapaian hasil belajar sistem komputer siswa kelas X SMK.

Kata Kunci: strategi pembelajaran berbasis ICT; metode konvensional; hasil belajar


Full Text:

PDF

References


Destiana, B., & Soenarto. (2014). Faktor Determinan Pemanfaatan TIK dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru SMK di Kabupaten GunungKidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.4, Nomor 3, November 2014, 285-299. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2555/2109

Ghavifekr, S., & Rosdy, W. A. W. (2015). Teaching and Learning with Technology: Effectiveness of ICT Integration in Schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), Volume 1, Issue 2, Summer 2015, 175-191. Retrieved from https://www.ijres.net/index.php/ijres/article/view/79/43

Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. e-Jurnal Mitra Sains Volume 3 Nomor 1, Januari 2015, 53-60. Retrieved From http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/view/4153/3090

Hussain, Z. (2018). The Effects of ICT-Based Learning on Students’ Vocabulary Mastery in Junior High Schools in Bandung. International Journal of Education Vol. 10 No. 2, February 2018, 149-156. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/ije/article/view/7592/pdf_1

Huurun’ien, K. I., Efendi, A., & Tamrin, A. G. (2017). Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Schoology dengan Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia SMK Negeri 6 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK), Vol. X No. 2, Juli 2017, 36-46. Retrieved From https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jptk/Article/View/16866

Karatza, Z. (2019). Information and Communication Technology (ICT) as a Tool of Differentiated Instruction: An Informative Intervention and a Comparative Study on Educators’ Views and Extent of ICT Use. International Journal of Information and Education Technology Vol. 9 No. 1, January 2019, 8-15. Retrieved from http://www.ijiet.org/vol9/1165-EM0011.pdf

Nur, M. D. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fisika Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar pada Siswa yang Memiliki Self-Regulated Learning (SRL) yang Berbeda. Edcomtech Volume 2, Nomor 1, April 2017, 65-76. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2078/1223

Nurchaili. (2010). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16, Nomor 6, Nopember 2010, 648-658. Retrieved from http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/viewFile/493/335

Nurvitasari, E., & Asmaningrum, H. P. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru dalam Pembelajaran Kimia SMA di Distrik Merauke. Jurnal Magistra Volume 5 – Nomor 1, Januari 2018, 48-61. Retrieved from http://ejournal.unmus.ac.id/index.php/magistra/article/view/722/579

Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Media dan Sumber Pembelajaran oleh Guru Biologi: Penelitian Deskriptif di MAN se-Jakarta Selatan. EDUSAINS Volume VI Nomor 01 Tahun 2014, 50-66. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/download/1100/977

Siahaan, S. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9 (042), 303-321.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. Makalah Seminar Nasional Pendidikan & Saintec disampaikan di Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013, 1-10. Retrieved from http://staffnew.uny.ac.id/upload/131666733/penelitian/peranan-tik-dalam-pembelajaran-inovatif.pdf

Zwart, D. P., Van Luit, J. E. H., Noroozi, O., & Goei, S. L. (2017). The Effects of Digital Learning Material on Students Mathematics Learning in Vocational Education. Cogent Education (2017), 4:1313581, 1-10. Retrieved from https://research.vu.nl/ws/portalfiles/portal/39279964/Zwart_Van_Luit_Noroozi_Goei_2017_The_effects_of_digital_learning_material_on_students_mathematics_learning_in_vocational_education_Cogent.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i2.3459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Made Agustia Permata Wardani, Rufi'i Rufi'i, Harwanto Harwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.