Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Menggunakan Metode Investigasi Kelompok
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abtrak Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Mendiskripsikan Cara Atau Teknik Penerapan Metode Investigasi Kelompok Dan Membuktikan Bahwa Metode Investigasi Kelompok Dapat Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di Kelas VII-A SMPN-2 Banama Tingang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek tindakan pada penelitian ini adalah siswa-siswi VII-A SMPN-2 Banama Tingang sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan Metode Investigasi Kelompok Untuk Materi Kerjasama Dalam Berbagai Bidang Kehidupan Dapat Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran nilai Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) di Kelas VII-A SMPN-2 Banama Tingang”. Hal ini terbukti bahwa hasil Hasil Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siklus 1 untuk mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) diperoleh jumlah nilai siswa adalah 1510 dengan nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 75,50 dan siklus 2 jumlah nilai siswa adalah 1820 dan nilai rata-rata Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) adalah 91,00 berarti terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 15,50 point.
Kata Kunci: Investigasi Kelompok, Motivasi, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Isjoni. 2013. Model-Model Pembelajaran Yang Inovatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Kemmis dan Mc Taggart. (2005). Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV. Alfabeta.
Omar Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
Sardiman. 2008. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algasindo.
Winarno. 2013. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Ruseniwatie Ruseniwatie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |