KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

Ratna Widianti Utami(1*), Bakti Toni Endaryono(2), Tjipto Djuhartono(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Sekolah dasar harus menjadi pondasi yang kuat untuk mencapai jenjang pendidikan lebih tinggi hal ini tidak lah lepas dari awal jenjang pendidikan yang dimulai sejak dari PAUD dan TK karena merupakan jenjang pendidikan untuk memulai pembentukan karakter anak. Salah satu mata pelajaran yang di berikan di setiap jenjang pendidikan adalah Matematika. Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peranan penting dalam membentuk pola pikir peserta didik, karena dalam matematika peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis serta kemampuan pemecahan masalah. Berbagai upaya telah dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami mata pelajaran matematika. Akan tetapi hasil yang diharapkan masih kurang maksimal bahkan proses belajar dan mengajar menjadi tidak menyenangkan dan cenderung membosankan bagi peserta didik. Salah satu masalah matematika yang sering ditemukan yaitu kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita.  Padahal soal cerita merupakan bentuk evaluasi kemampuan peserta didik dalam memahami konsep dasar matematika yang telah dipelajari, berupa soal penerapan rumus..


Full Text:

PDF PDF PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional (2000).Keputusan menteri Pendidikan Nasional Nomor 010/0/2000 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen pendidikan nasional, jakarta: Depdiknas Departemen Pendidikan Nasional (2004) Standar Kompetensi Lulusan PGSMP/SMA, Jakarta ; P2TK Ditjen Dikti Hariana, S. (2014). Diagnosis Kesulitan Pemecahan Masalah Statistika Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Turen Malang dan Upaya Mengatasinya dengan Pemberian Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional 2015 Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. H.E. Mulyasa, Dkk (2017).Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran, PT Remaja Rosdakarya, Band.ung H.E. Mulyasa, (2015) Guru dalam imlementasi Kurikulum 2013. Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung H.E. Mulyasa, (2013) Uji kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru,; Remaja Rosdakarya, Bandung. Insri. 2011. Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negri 7 Sanggau. Skripsi Pontianak: Universitas Tanjungpura. Polya, G. 1973. How to solve it. New Jersey: Priceton University Press. Mursalin, Fauzi, Israwati (2017). Kemampuan Peserta didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Pemecahan Masalah Bagi Peserta didik Kelas V Sd Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar: Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 2, 3844 April 2017 Maman. (2011). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Operasi Hitung Pecahan Desimal dengan Pendekatan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tidak Diterbitkan. Wulandari.Novi. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP: Universitas Tanjungpura.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ratna Widianti Utami, Bakti Toni Endaryono, Tjipto Djuhartono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.