Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka di Perguruan Tinggi
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) STKIP Kusumanegara
(*) Corresponding Author
Abstract
Implementasi kurikulum merdeka, tentunya memberikan kebebasan ruang kepada dosen maupun mahasiswa untuk memilih dan menggunakan model yang tepat dalam pengembangan ilmu yang diemban. Model pembelajaran berbasis proyek, mahasiswa jadi lebih aktif, leluasa berpikir mengemukakan pendapat serta dapat memecahkan masalah yang dikaitkan dengan kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran berbasis proyek di perguruan tinggi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi TI semester 1 Unindra. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, obersvasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek di perguruan tinggi sangatlah relevan dengan kurikulum merdeka. Implementasi model pembelajaran berbasis proyek dapat diterapkan tidak hanya pada Mata Kuliah Pancasila namun untuk semua mata kuliah di perguruan tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 204–215. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.177
Dyah Kristanti, Y., & Dina Handayani, A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128.
Eddi Lion, Yetrie Ludang, & Herry Palangka Jaya. (2022). Edukasi Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Desa Telangkah. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3635–3642. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2257
Idkhan, A. M. (2017). Analisis Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 2(1), 66–68.
Irawan, M,F, dkk. (2023). Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka di SD. Pionir Jurnal Pendidikan, 12(3), 38–46.
Kamaruddin, I., Sari, M. N., Papia, J. N. T., M.Usman, P., Andriani, N., & Kesek, M. N. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Tinggi untuk Memfasilitasi Pemecahan Masalah Multidisiplin. Journal on Education, 6(4), 19620–19630. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5990
Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. (2023). Penerapan Model PembelajaranBerbasisProyek DalamPendidikan: Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2742–2747. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22138
Mujiburrahman, S. M., & Nur, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Base Learnig Di Era Kurikulum Merdeka. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 91–99. https://doi.org/10.51878/community.v2i2.1900
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Rahma, R, A., Wahyuningtyas, A., D. (2023). Manajemen Kelas Berbasis OBE (M. M. P. Dr. Maman Suryaman (ed.)). Nas Media Pustaka.
Ramadhani, S. P., MS, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model IPA Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1047
Saptadi, N, T, S., D. (2023). Revolusi Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. In S. Nurmela (Ed.), Revolusi Pendidikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Sada Kurnia Pustaka dan Penulis.
Saptadi, N., Muhammad, A., Mauliani, G., Novianti, W., Agustina, Y., Susilawati, E., & Sampe, F. (2023). Revolusi Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (pp. 8–10).
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1068
Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Usoh, E. J., Pontoh, S., Kaparang, M. W., & Kumajas, V. N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar. Journal of Sociology Research and Education, 5(1). https://doi.org/10.53682/jpjsre.v5i1.9211
Widiyanti, S., & Toin, D. R. Y. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreatifitas Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 7(1), 35–43. https://doi.org/10.55635/jic.v7i1.135
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.25981
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Iis Dewi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |