EFEKTIFITAS METODE FISIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI ATENSI SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta)

Darmawan Harefa(1*)

(1) STKIP NIAS SELATAN
(*) Corresponding Author

Abstract


Titik fokus penelitian ialah metode fisika Gasing dan atensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode fisika Gasing dan atensi ditinjau dari hasil belajarĀ  siswa di kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen dengan analisis varians (Anava) dua arah. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas 8 sebanyak 40 orang yang tersebar di kelas 8-B dan 8-D. Data penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis berasal dari hasil angket atensi dan tes hasil belajar IPA pada pokok materi Besaran dan Pengukuran. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh metode fisika gasing terhadap belajar IPA, 2) tidak terdapat pengaruh atensi terhadap hasil belajar IPA dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi metode dan atensi terhadap hasil belajar IPA.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Penerbit Kaifa

Kanginan, Martin. 2002. FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Karim, Saeful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: pusat pembukuan

Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

Qurtubi, Ahmad. 2009. Pengantar Teori Evaluasi Pendidikan. BHS Publishing

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raneka Cipta

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sumarsono, Joko. 2009. Fisika: Untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press

Supiyanto. 2007. Fisika Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Phibeta.

Surya, Yohanes. 2008. IPA Fisika Gasing SMP/MTs kelas VII. Tangerang: PT Kandel

Syah, Darwyan dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Bourne, Lyle Eugene, dkk. Cognitive Progress. http://books.google.co.id/books?id=IToQAQAAIAAJ&dq=editions:1NcO-P9iSikC&hl=id

Fisika SMA Online. Metode Fisika Gasing. http://fisikasma-online.blogspot.com/2011/03/metode-pembelajaran-gasing.html

Pedagogiek Perkembangan Kognitif Peserta Didik. http://pedagogienerina.blogspot.com/2012/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Psychemate Konsentrasi = Atensi. http://psychemate.blogspot.com/2007/12/konsentrasi-atensi.html

Surya, Yohanes. Metode Fisika Gasing. http//www.yohanessurya.com/metode-fisika-gasing.html

UNDP. 2011. International Human Development Indikator. http//http://hdrstats.undp.org/en/indicators/103706.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2321

Refbacks



Copyright (c) 2018 Darmawan Harefa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.