EFEKTIFITAS METODE FISIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI ATENSI SISWA (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta)
(1) STKIP NIAS SELATAN
(*) Corresponding Author
Abstract
Titik fokus penelitian ialah metode fisika Gasing dan atensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode fisika Gasing dan atensi ditinjau dari hasil belajarĀ siswa di kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah metode eksperimen dengan analisis varians (Anava) dua arah. Sampel yang digunakan ialah siswa kelas 8 sebanyak 40 orang yang tersebar di kelas 8-B dan 8-D. Data penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis berasal dari hasil angket atensi dan tes hasil belajar IPA pada pokok materi Besaran dan Pengukuran. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh metode fisika gasing terhadap belajar IPA, 2) tidak terdapat pengaruh atensi terhadap hasil belajar IPA dan 3) tidak terdapat pengaruh interaksi metode dan atensi terhadap hasil belajar IPA.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Penerbit Kaifa
Kanginan, Martin. 2002. FISIKA untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga
Karim, Saeful dkk. 2008. Belajar IPA. Jakarta: pusat pembukuan
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Qurtubi, Ahmad. 2009. Pengantar Teori Evaluasi Pendidikan. BHS Publishing
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raneka Cipta
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sumarsono, Joko. 2009. Fisika: Untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan
Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press
Supiyanto. 2007. Fisika Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Phibeta.
Surya, Yohanes. 2008. IPA Fisika Gasing SMP/MTs kelas VII. Tangerang: PT Kandel
Syah, Darwyan dkk. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Bourne, Lyle Eugene, dkk. Cognitive Progress. http://books.google.co.id/books?id=IToQAQAAIAAJ&dq=editions:1NcO-P9iSikC&hl=id
Fisika SMA Online. Metode Fisika Gasing. http://fisikasma-online.blogspot.com/2011/03/metode-pembelajaran-gasing.html
Pedagogiek Perkembangan Kognitif Peserta Didik. http://pedagogienerina.blogspot.com/2012/01/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Psychemate Konsentrasi = Atensi. http://psychemate.blogspot.com/2007/12/konsentrasi-atensi.html
Surya, Yohanes. Metode Fisika Gasing. http//www.yohanessurya.com/metode-fisika-gasing.html
UNDP. 2011. International Human Development Indikator. http//http://hdrstats.undp.org/en/indicators/103706.html
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2321
Refbacks
Copyright (c) 2018 Darmawan Harefa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |