Optimalisasi Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

ita ainun jariyah(1*), Rania Alfi Syahrin(2), Bilqis Gantari(3), Hikmatus Sya’bania Alfa(4), Zumrotus Sholihah(5)

(1) UIN Sunan Ampel Surabaya
(2) UIN Sunan Ampel Surabaya
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya
(4) UIN Sunan Ampel Surabaya
(5) UPT SMPN 10 Gresik
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan fasilitas dan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan proses sains siswa. penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest control grup design. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA berbasis praktikum memiliki hasil kemampuan proses sains yang lebih bagus di kelas eksperimen daripada di kelas kontrol dengan pembelajaran IPA konvensional. Namun dari hasil Uji Hipotesis menunjukkan bahwa tidak berbeda secara nyata dan diperkuat dengan hasil analisis deskriptif yang menunjukan peningkatan rata-rata pretest dan posttest dalam kategori rendah.

Keywords


IPA; Praktikum; Keterampilan Proses Sains.

Full Text:

PDF PDF

References


Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahlevi, A. (2021). Efektivitas E-modul Getaran Dalam Kehidupan Sehari- Hari Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 111-118.

Fraser, P. (. (2011). Teaching Budding Scientists Fostering Scientific Inquiry with Diverse Learners in Grades. Boston: Pearson Education Inc, 3-5.

Hodson, D. (1996). Redefining and reorienting practical work in school science. Jakarta: PT Gramedia.

Jariyah, I. A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Dipadu Sains Teknologi Masyarakat ( STM) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional III, April, 175–179.

Juraedah, Nasir, M., & Fahruddin. (2023). Implementasi Pratikum Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Negeri 3 Kota Bima Tahun Pelajaran 2022 / 2023. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 127–135.

Mahzani, N. (2013). Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Siswa Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Kelas VIII MTsN Kuta Baro Aceh Besar. Jurnal Pembelajaran Dan Sains (JPS), 2(1), 14–33.

Muna, I. A. (2016). Optimalisasi fungsi laboratorium IPA melalui kegiatan praktikum pada prodi PGMI jurusan tarbiyah. Kodifikasia, 109-131.

Nurhafidhah, M. d. (2018). Kesiapan dan Pemanfaatan Laboratorium Kimia Pada Pelaksanaan Praktikum di SMAN 1 Langsa. Procedding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 36-41.

Oktavia, S. &. (2020). Description of Integrated Science Process Skills in Physics Education Students in Convex Mirror Practicum. Formatif:, 103-114.

Perwatiningsih, Hindriana A.F. (2023, Agustus). Implementasi Metode Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup. (G. o. Development, Ed.) 538-543.

Sari, N. S. P. (2014). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah.

Sri, P., & A.F, H. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Pada Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup Perwatiningsih. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 538–543. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8216527

Yusuf, M. E., & Suharmanto, A. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Standar Kompetensi mengukur. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 14(1), 40–44.

Zuhra, F., Nurhayati, N., & Septiani, S. (2021). Pengenalan Alat-Alat Laboratorium Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(2), 396–404.

Death, R. G., & Winterbourn, M. J. (1995). Diversity patterns in stream benthic invertebrate communities: the influence of habitat stability. Ecology, 76(5), 1446-1460.

Haselton, M. G., & Nettle, D. (2006). The paranoid optimist: An integrative evolutionary model of cognitive biases. Personality and Social Psychology Review, 10(1), 47-66.

Luthar, S. S., Cicchetti, D., & Becker, B. (2000). The construct of resilience: A critical evaluation and guidelines for future work. Child Development, 71(3), 543-562.

Schyns, B., & Schilling, J. (2013). How bad are the effects of bad leaders? A meta-analysis of destructive leadership and its outcomes. The Leadership Quarterly, 24(1), 138-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i1.22160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ita ainun jariyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.