Analisis Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di SDN Gayungan II/423 Surabaya

Dina Aprelia Dwi Berliana(1*), S Sindy(2), A’hassa Zakiyyah Aulia(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan di Indonesia yang begitu banyak dengan latar belakang yang berbeda-beda tetap bisa bersatu, bersama dan mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bangsa, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip Binneka Tunggal Ika, yaitu mesti berbeda-beda tetapi hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai strategi pembelajaran yang telah diimplementasikan di SDN Gayungan II/423 untuk anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang sudah terkumpul, peneliti menggunkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi untuk kebutuhan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sosial yang inklusif dan integrasi siswa berkebutuhan khusus di luar kelas adalah bukti konkret upaya sekolah menciptakan atmosfer pendidikan yang mendukung perkembangan sosial anak-anak. Pendidikan inklusif di SDN Gayungan II/423 adalah contoh sukses dari komitmen, kerjasama, dan strategi yang tepat, menciptakan lingkungan belajar inklusif dan mendukung bagi semua siswa, termasuk yang berkebutuhan khusus.

Keywords


Strategi Pembelajaran; Pembelajaran ABK;

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Magistra, 25(86), 1–10.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Asiatun, S., Kusmawati, H., Ma’arif, S., Komarudin, K., Muttaqin, M. R., & Zuhdi, M. (2023). Strategi Pembelajaran Inklusi. Journal on Education, 5(2), 3572–3579. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1039

Buku, P., Evanjeli, L. A., Erlita, B., & Anggadewi, T. (2018). Berkebutuhan Khusus. 10(September), 370–379. www.sdupress.usd.ac.id

Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1108–1116. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4918

Qolbie, L., Imroatun, I., Hanifah, B. M., & Munawaroh, H. (2023). Kajian Analisis Strategi Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus Jenjang Sekolah Dasar (SD). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 36–41. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v6i1.1710

Wafiqni, N., Rahmaniah, N., & Supena, A. (2023). Strategi Pembelajaran Untuk Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Inklusif. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(1), 95–112. https://doi.org/10.32678/primary.v15i1.7800

Yunita, E. I., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), 267. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19407




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i1.22139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dina Aprelia Dwi Berliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.