Peran Perguruan Tinggi dalam Menyiapkan Lulusan Pendidikan Ekonomi yang Unggul di Era Artificial Intelligence

Vella Anggresta(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan semakin berkembang di dunia pekerjaan dan pendidikan. Kondisi ini mengharuskan perguruan tinggi untuk menyiapkan lulusan yang dapat beradaptasi dengan dunia pekerjaan yang banyak menggunakan AI di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, berdasarkan studi pustaka dan kajian empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai apa saja yang dibutuhkan di era AI, serta bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diinternalisasikan dalam Mata Kuliah di perguruan tinggi pada program studi pendidikan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 keterampilan yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar dapat bersaing dan tidak tergerus dengan kemajuan teknologi AI saat ini, yakni: keterampilan pemecahan masalah, berpikir kritis, kreatifitas dan inovasi, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan kerja sama, literasi data, dan penilaian etis. Dengan memiliki keterampilan tersebut, mahasiswa dapat mengontrol dan berkolaborasi dengan teknologi dan menghasilkan kinerja produksi yang lebih efektif, efisien, dan berkualitas. Upaya menginternalisasi keterampilan yang dibutukan di era AI dapat dilakukan melalui mata kuliah Logika, Filsafat Ilmu, Bahasa Inggris, Manajemen Bisnis, Metodologi Penelitian, Kewirausahaan, dan Akhlak dan Etika.


Keywords


Artificial Intelligence; Lulusan Perguruan Tinggi; Internalisasi Karakter; Analisis deskriptif

Full Text:

PDF PDF

References


Abidin, Z. (2021). Kurikulum Operasional. Unindra Press.

Alexandra, J., & Budiyantara, A. (2022). Perancangan Artificial Intelligence Untuk Kurikulum Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Infotech: Journal of Technology Information, 8(1), 23–28. https://doi.org/10.37365/jti.v8i1.128

Bayu Pratama, E., Hendini, A., Yanto, Y., & Fitri Hidayat, W. (2024). Menggali Potensi Belajar Mengajar Dengan Teknologi Ai (Artificial Intelligence). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(6), 3530–3534. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8956

Diyah, I., Arifah, C., Nusantara, U. B., & Surabaya, U. N. (2022). Job Replacementartifical Intelligencedi Industri Jasa: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(3), 911–929.

George, A. S. (2023). Preparing Students for an AI-Driven World : Rethinking Curriculum and Pedagogy in the Age of Artificial Intelligence Partners Universal Innovative Research Publication ( PUIRP ) Preparing Students for an AI-Driven World : Rethinking Curriculum and Pedagogy in the Age of Artificial Intelligence. December. https://doi.org/10.5281/zenodo.10245675

Goleman, D. (2018). Emotional Intelligence. In Bantam Dell.

Hakam, K. A., & Encep, S. N. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai: Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Maulana Media Grafika.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. 4(2), 186–202.

Marone, M. (2020). Bukan Hanya Soal Teknologi : Mempersiapkan Karyawan untuk Sukses di Era AI Revolusi.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Masriadi, Dasmadi, Ekaningrum, N. E., Hidayat, M. S., & Yuliaty, F. (2023). Exploring the Future of Work: Impact of Automation and Artificial Intelligence on Employment. Endless: International Journal of Future Studies, 6(1), 125–136. https://doi.org/10.54783/endlessjournal.v6i1.131

Masrichah, S. (2023). Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence ( AI ). 3(3).

Mohammad, S. M. (2020). Artificial Intelligence In Information Technology. 7(6), 168–175.

Morgan, H. (2021). Howard gardner ’ s multiple intelligences theory and his ideas on promoting creativity. Celebrating giants and trailblazers in creativity research and related fields, 124–141.

Mubarok, M. N. (2021). Internalisasi Nilai Karakter Demokratis-Religius Melalui Pengembangan Mata Kuliah Kuliah Tafsir Tematik Terintegrasi Civic Education. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 3(2), 99–110. https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i2.p99-110.17552

Netragaonkar, Y. (2024). Artificial Intelligence (AI) in Higher Education. February.

Nurhadi, A. F. M., & Indria, L. S. (2019). Analisis Pendidikan Kritis Paulo Freire pada Pemanfaatan Ekstrakurikuler Teater di Sekolah (Studi Kasus Di SMA Negeri 3 Surakarta). Kemampuan Koneksi Matematis (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), 53(9), 1–18.

Pierrès, O., Darvishy, A., & Christen, M. (2023). Artificial Intelligence in Higher Education : Ethical Concerns for Students with Disabilities. 2492, 0–2.

Purnami, R. S., & Rohayati, R. (2016). Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Pengembangan Softskills Mahasiswa Yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen Dan Bisnis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v13i1.3511

Regina, P., Prakasa, S., & Chusairi, A. (2023). Sebuah Tinjauan Literatur : Peran Perguruan Tinggi Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Para Lulusan. Proceeding Series of Psychology, 1(1), 159–169.

Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., Tsurayya, S., Penelitian, P., Ilmu, M., & Teknologi, P. (2020). Studi komparasi dan analisis swot pada implementasi kecerdasan buatan ( artificial intelligence ) di indonesia. 15(2), 122–133.

Roemmich, K., Schaub, F., & Andalibi, N. (2023). Emotion AI at Work: Implications for Workplace Surveillance, Emotional Labor, and Emotional Privacy. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3544548.3580950

Sambul, S. A. P. (2018). Pengaruh Penguasaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Telkom Indonesia Cabang Manado. 6(2), 10–16.

Saragih, L. (2019). Identifikasi Dampak Perkembangan Teknologi Terhadap Tenaga Kerja Toko Ritel Indonesia: Studi Kasus Toko X (Identifying the Impact of Technological Progress on the Labor of Retail Stores: a Case Study of Store X). Jurnal Kependudukan Indonesia |, 14(Juni), 13–28.

Siti Nuraeni Mitra, Siti Qomariyah, & Siti Rahmawati. (2023). Peran Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Berpikir Sistematis Pada Siswa Di SMP Islam Hegarmanah Sukabumi. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 84–103. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.2089

Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.

UNESCO. (2023). Harnessing the Era of Artificial Intelligence in Higher Education.

Whalen, K. (2018). The Reflective Learning Framework : A guide for students and educators.

Wicaksono, A. (2020). The Internalization Of The Value Of Anticorruption Education In Indonesian Language Courses. Jurnal Batra, 6(2), 53–65.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i1.22116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vella Anggresta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.