The Development of Edpuzzle-Based Video Learning Media for English Language Learning in Elementary Schools

Diah Siti Nur Azzizah(1*), Qikha Maulidhia(2), Regina Regina(3), Shinta Ade Pratiwi(4), Asep Nuryadin(5)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang diperkenalkan kembali di sekolah dasar di bawah kurikulum independen. Berdasarkan observasi yang dilakukan di sebuah sekolah dasar di Tasikmalaya, siswa menunjukkan kurang minat belajar bahasa Inggris karena menganggap kosakata bahasa Inggris sulit untuk dipahami. Salah satu pendekatan yang mungkin dilakukan adalah dengan memanfaatkan media yang dapat meningkatkan minat mereka terhadap mata pelajaran bahasa Inggris. Oleh karena itu, Edpuzzle dipilih sebagai platform untuk mengembangkan media pembelajaran digital yang menarik. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Edpuzzle cocok untuk pengajaran bahasa Inggris, khususnya dengan fokus pada topik “-ing verbs” di kelas empat. Uji validitas kualitas media pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 97,17%, sedangkan uji validitas isi memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,3%. Lebih lanjut, penerapan media berbasis Edpuzzle di SDN 2 Linggajaya menunjukkan bahwa baik guru maupun siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran ini, dengan rata-rata respon siswa sebesar 95,3% dan rata-rata respon guru sebesar 96,5%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Edpuzzle sangat cocok untuk digunakan di sekolah dasar, khususnya mengenai kata kerja “-ing”.

Keywords


Instructional Media; Edpuzzle; English; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). English Competence. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2010, 2013–2015.

Achmad, N., Ganiati, M., & Kur’aeni, D. N. (2021). Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 6(2), 46-51

Andika Mika, Nova Mardiana. (2023). Dukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Budiman, M.A., Widyaningrum, A., Azizah, M. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Memilih Media Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Penelitian lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pgri Semarang.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York:Springer.

Haselton, MG, & Jelatang, D. (2006). Optimis paranoid: Model bias kognitif evolusioner integratif. Review Psikologi Kepribadian dan Sosial, 10(1), 47-66.

Jayantika, I. G. A. N. T., & Andini, N. M. P. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Edpuzzle Pada Pembelajaran Matematika. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 85-96.

Kaltsum Honest Ummi. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. URECOL: University Research Colloquium

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Luthar, SS, Cicchetti, D., & Becker, B. (2000). Konstruksi ketahanan: Sebuah evaluasi kritis dan pedoman untuk pekerjaan di masa depan. Perkembangan Anak, 71(3), 543-562.

Miftah, M., & Rokhman, N. (2022). Kriteria pemilihan dan prinsip pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK sesuai kebutuhan peserta didik. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4), 412-420.

Qadriani, N. L., Hartati, S., & Dewi, A. (2021). Pemanfaatan Youtube dan Edpuzzle sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia p-ISSN, 2655, 6227.

Schyns, B., & Schilling, J. (2013). Seberapa buruk dampak dari pemimpin yang buruk? Sebuah meta-analisis kepemimpinan destruktif dan hasilnya. Triwulanan Kepemimpinan, 24(1), 138-158.

Silverajah, Giita, S, V. (2018). The Use Edpuzzle to Support Low-Archiever’s Development of Self-Regulated Learning and their Learning of Chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers. 18:4

Sugiyono (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supriusman, S., Daud, A., Mahdum, M., Hadriana, H., & Kurniawan, A. (2023). Developing English Learning Media Using Edpuzzle for Understanding Language Expressions in a Listening and Speaking Class. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 8(1), 125-136.

Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.21933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diah Siti Nur Azzizah, Qikha Maulidhia, Regina Regina, Shinta Ade Pratiwi, Asep Nuryadin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.