PERBEDAAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DENGAN METODE READING GUIDE

Neta Dian Lestari(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak, Guided Note Taking merupakan metode pembelajaran yang membantu peserta didik dalam catatan terbimbing yang menggunakan suatu bagan, skema (handout) sebagai media yang dapat membantu peserta didik dalam membuat catatan ketika seorang pendidik sedang menyampaikan pelajaran dengan ceramah dan mengajarkan mahasiswa dalam kemampuan menjawab soal secara lisan. Sedangkan Reading Guide adalah Metode pembelajaran yang digunakan untuk memandu peserta didik dalam membaca dan memahami soal yang diberikan secara tertulis. Kedua metode tersebut peneliti gunakan dengan tujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar mahasiswa,  metode mana hasil belajar mahasiswa yang lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata hasil belajar mahasiswa, dengan guided note taking di semeter 1A sebesar 7,74 dan dengan reading guide di semester 1B rata-ratanya sebesar 8,46. Hal ini menjukkan perbedaan hasil belajar mahasiswa dengan metode guided note taking dan reading guide hanya sebesar 0,72, menunjukkan kedua metode tersebut sebenarnya baik digunakan pada mata kuliah lain, hanya tinggal menyesuaikan dengan materi yang tepat. Pembuktian hipotesis memperlihatkan bahwa t hitung = 3,6  > t tabel = 2,000 maka terima Ha, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan guided note taking dengan reading guide pada mata kuliah Pengantar Akuntansi.

 

     Kata kunci: Guided Note Taking, Reading Guide, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Pendidik dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Endang Setyaningsih, Deni Setyowati. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide dengan Media Komputer Program Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2013. Prosiding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret. Vol 10, No 3.

Kartika Prabowowati dan Subiyanto Hadisaputro. 2014, Penerapan Media Chemscool dengan Metode Guided Note Taking pada Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 8, No. 2, 2014, hlm 1319-1329

Reeve M. James, Dkk. 2010. Pengantar Akuntansi Buku 1. Jakarta : Salemba Empat

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian untuk Pendidik-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta.

Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembang Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Septa. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Guide terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Palembang. Skripsi yang tidak dipublikasikan.

Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suhatman, Atna. 2010. Teknik Pelaksanaan Metode Reading Guide dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia.

Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Neta Dian Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.