Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 10 Palembang

Dinda Hikmawati(1*), Sani Safitri(2)

(1) Universitas Sriwijaya
(2) Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada artikel berikut bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning kelas X SMA Negeri 10 Palembang. Adapun teknik pengumpulan data pada artikel ini yaitu dengan kuesioner yang berupa beberapa pertanyaan berupa google form. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa siswi kelas X di SMA Negeri 10 Palembang dengan jumlah 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning cukup baik diterapkan pada mata Pelajaran Sejarah Indonesia terutama pada materi teori masuknya Islam ke Indonesia di SMA Negeri 10 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar sejarah Indonesia terhadap hasil belajar peserta didik.

Keywords


Hasil Belajar; Implementasi; Project Based Learning;

Full Text:

PDF

References


Desfitri, F. Z., & Hastuti, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Video Vlog Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa KI 4 pada KD 4.7 Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA N 3 Payakumbuh. Jurnal Kronologi, 4(2), 98-111.

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156-170.

Mahdalena, M., Ahmadin, A., & Sulmi, S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning dengan Penilaian Produk Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Gowa. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(2), 776-782.

Purwanto, A., Soedarmo, R. R., & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pebelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X Sma Negeri 3 Banjar. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 39-46.

Utama, R., Syahbuddin, S., & Noeryoko, M. (2020). Analisis Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sanggar. Jurnal Pendidikan IPS, 10(1), 53-59.

Dwi, Amurwani dkk. 2014. Sejarah Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. (168–183)




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.21037

Refbacks



Copyright (c) 2025 Dinda Hikmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.