Persepsi Mahasiswa Pada Profesionalisme Dosen, Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Diferensial
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kausal, dimana data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Selanjutnya dilakukan analisis pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lain, variabel yang dikaji terdiri dari dua macam, yakni: variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel eksogen memberikan pengaruh baik langsung maupun tak langsung terhadap variabel endogen. Sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel endogen, dari sampel sebanyak 100 orang mahasiswa Unindra semester III tahun 2016/17.
Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat: 1) pengaruh langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap minat belajar ; 2) pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial, 3) pengaruh langsung minat belajar terhadap pemahaman konsep diferensial, dan 4) pengaruh tidak langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial.
Full Text:
PDFReferences
Belly, Tilya dkk. (2006). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi: Padang.
Boediono, (2009) . Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Darajat, Zakiah dkk. (2007). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta:
Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gibson dan Donaly, (2004) Membiasakan belajar Nyaman, Bandung Remaja Rosdakarya
Kurniawan.2006. Siap Juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.
Mardapi dan Ghofur, A.2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA: Jakarta: Direktorak Pendidikan Menengah Umum.
Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya
Nasution, S. (2005).Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Orlich, C. Donald. (2007), Teaching Strategies.a Guide to Better Instruction. Toronnto:
D.C. Heath Company.
Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ruch, 2002 Penelitian Prestasi Belajar ,Bandung Remaja Rosda Karya
Slamento.2003. belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta
Sa’dijah, C. 2006. Pengembangan Pembelajaran Matematika Beracuan
konstruktivis. Surabaya: Jurnal Math Edu Program Pascasarjana UNESA.
Suherman, Eman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung UPI.
Undang-undang, Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005, tetang Guru dan Dosen
Virgana, (2015), Hasil Belajar integral Ditinjaiu dari Metode Belajar dan Minat Belajar Jurnal, Faktor, Vol 2, No1,Maret 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i2.1782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Virgana Virgana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |