Persepsi Mahasiswa Pada Profesionalisme Dosen, Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Diferensial

Virgana Virgana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik kausal, dimana data dianalisis dengan analisis jalur (path analysis). Selanjutnya dilakukan analisis pengaruh satu variabel terhadap variabel yang lain, variabel yang dikaji terdiri dari dua macam, yakni: variabel eksogen dan variabel endogen. Variabel eksogen memberikan pengaruh baik langsung maupun tak langsung terhadap variabel endogen. Sedangkan variabel endogen adalah variabel yang dapat mempengaruhi variabel endogen, dari sampel sebanyak 100 orang mahasiswa Unindra semester III tahun 2016/17.
Berdasarkan analisis hasil penelitian, terdapat: 1) pengaruh langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap minat belajar ; 2) pengaruh langsung kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial, 3) pengaruh langsung minat belajar terhadap pemahaman konsep diferensial, dan 4) pengaruh tidak langsung persepsi mahasiswa pada kompetensi dosen terhadap pemahaman konsep diferensial.


Full Text:

PDF

References


Belly, Tilya dkk. (2006). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi: Padang.

Boediono, (2009) . Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.

Darajat, Zakiah dkk. (2007). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta:

Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gibson dan Donaly, (2004) Membiasakan belajar Nyaman, Bandung Remaja Rosdakarya

Kurniawan.2006. Siap Juara Olimpiade Matematika SMP. Jakarta: Erlangga.

Mardapi dan Ghofur, A.2004. Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA: Jakarta: Direktorak Pendidikan Menengah Umum.

Muhibbin, Syah. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosdakarya

Nasution, S. (2005).Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Orlich, C. Donald. (2007), Teaching Strategies.a Guide to Better Instruction. Toronnto:

D.C. Heath Company.

Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruch, 2002 Penelitian Prestasi Belajar ,Bandung Remaja Rosda Karya

Slamento.2003. belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta; Rineka Cipta

Sa’dijah, C. 2006. Pengembangan Pembelajaran Matematika Beracuan

konstruktivis. Surabaya: Jurnal Math Edu Program Pascasarjana UNESA.

Suherman, Eman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung UPI.

Undang-undang, Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005, tetang Guru dan Dosen

Virgana, (2015), Hasil Belajar integral Ditinjaiu dari Metode Belajar dan Minat Belajar Jurnal, Faktor, Vol 2, No1,Maret 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i2.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Virgana Virgana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.