PENINGKATAN HASIL BELAJAR ZAKAT FITRAH DAN MAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Hj. Titim Titim(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat fitrah dan mal melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 37 siswa. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian diperoleh data hasil belajar siswa pada pra siklus 70,68 tingkat ketuntasan 54,05%, meningkat pada Siklus I menjadi 77,62 dengan tingkat ketuntasan 72,97%, dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 82,08 dengan tingkat ketuntasan 94,59%. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat memperbaiki dan meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat fitrah dan mal di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Setu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i2.1741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hj. Titim Titim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.