Pengaruh penggunaan Aplikasi Pembelajaran Adobe Premiere Pro Pro dalam meningkatkan kreatifitas siswa kelas XI melalui Project-Based-Learning (PBL) di SMKN 1 KOTA SERANG

Pandu Dewantara(1), Dewi Surani(2*)

(1) Universitas Bina Bangsa
(2) Universitas Bina Bangsa
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan globalisasi yang kian meroket dengan banyaknya inovasi teknologi serta pengguaan teknologi sebagai bahan pembelajaran didalam dunia pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Penggunaan aplikasi yang kian canggih mengharuskan siswa berpikir kreatif untuk megasah kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi adobe premiere pro untuk meningkatkan kreatifitas siswa melalui model pembelajaran Project based learning. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, kuisioner online, dan dokumentasi selama pembelajaran project based learning. Penelitian ini merujuk pada pokok subjek sampel yaitu siswa SMK Negeri 1 kelas XI di Kota Serang sejumlah 52 siswa yang diambil menggunakan Teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator kreatifitas baik dan memuaskan dengan indikator kelancaran mencapai skor rata-rata 73,94%, indikator keluwesan skor 74,23%, indikator original atau keaslian mendapat skor 76,25% dan pada elaborasi mendapat skor 73,65 %. Hal ini sejalan dengan hasil observasi, selama mengerjakan project based learning yang diberikan siswa mampu memberikan gagasan, memberikan beragam penafsiran, mampu berpikir kreatif dalam pengerjaan project based learning, serta dapat mengembangkan projek yang diberikan secara luas dan detail. Sehingga kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penggunaan aplikasi adobe premiere pro terbukti dapat meningkatkan kreatifitas siswa dan penggunaan model project based learning merupakan metode yang mampu membantu guru dan siswa dalam meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran.

Keywords


Adobe Premiere Pro; Aplikasi Pembelajaran; Meningkatkan Kreatifitas; Project-Based-Learning;

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. Y., & Mawarni, I. (2021). Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 222–243. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).7382

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Ariana, R. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. 1(2), 1–23.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalinovasi/article/download/1390/750

Dewa. (2022). Pengenalan Platform Simba Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik. Sosiialisasi Aplikasi Merdeka Mengajar Dan Pengenalan Platform SIMBA Dalam Meningkatkan Pemahaman Media Pembelajaran Kepada Tenaga Pendidik Di SMPN 10 Cilegon, 164–171.

Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Smk Negeri 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 2(1), 14. https://doi.org/10.26418/swadesi.v2i1.45421

Indriyani, P. A., & Wrahatnolo, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Iinstalasi Penerangan Listrik Di SMKN 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 08(3), 459–463.

Lubis, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa, 1(3), 192. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i3.192-201

Maulana, I., Budiarto, M. K., & Qodr, T. S. (2022). Penerapan Model PBL dan IBL Berbantuan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 277. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12609

Nafisah, I. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) melalui Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 12 Bandar Lampung pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. Skripsi. Univeristas Islam Negeri Raden Intan, 1–86. http://repository.radenintan.ac.id/3139/1/SKRIPSI_FIX.pdf

NGATIYEM, N. (2021). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(2), 149–157. https://doi.org/10.51878/action.v1i2.637

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif (Issue August).

Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021). The influence of 4C (constructive, critical, creativity, collaborative) learning model on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 873–892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.

Surani, D., & Mifthahudin, M. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Guru Berpengaruh Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Kota Serang. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 149. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1227

Volkers, M. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN INFORMASI VIDEO ADOBE PREMIERE DAN DAMPAK NEGATIF ONLINE GAME. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 8(5), 55.

Wahyuni, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar Fkip Umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84–88. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/2982

Zaini, M. S., & Nugraha, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Premiere Pro Pada Kompetensi Dasar Mengelola Kegiatan Humas Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Buduran Sidorajo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 349–361. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p349-361




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16668

Refbacks



Copyright (c) 2023 Pandu Dewantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.