Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 CIbinong

Elia Yunita Sari(1), Dwi Rorin Mauludin Insana(2*), Sahri Suwandi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran tatap muka secara terbatas pada mata pelajaran bahasa Inggris di kelas VIII SMP PGRI 1 Cibinong. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan yang digunakan adalan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan secara rinci bagaimana penerapan pembelajaran tatap muka terbatas pada mata pelajaran bahasa Inggris. Metode yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Inggris secara tatap muka terbatas berjalan dengan baik, dimulai dai tahap persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Guru dan Siswa memberikan pandangan yang positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris secara tatap muka terbatas.

Keywords


Implementasi pembelajaran, Pembelajaran tatap muka terbatas, Pembelajaran Bahasa Inggris, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. (2014). Pengantar Pendidikan : Asas & Filsafat Pendidikan, ed. by Rose KR, 1st edn.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ambarita, J., Jarwati, & Restanti, D. K. (2020). Pembelajaran Luring (Abdul (ed.); 1st ed.). CV. Adanu Abimata. https://books.google.co.id/books?id=Z3gTEAAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Bonk, Curtis J., and Charles R. Graham. (2006). Handbook of Blended Learning (United States of America: Pfeiffer).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. (2022). ‘Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid19 Level 3’.

Himawan, A., & Nodia, F. (2017). Kelebihan Metode Tatap Muka dalam Menguasai Bahasa Inggris. Www.Suara.Com. https://www.suara.com/health/2017/06/16/074046/kelebihan-metode-tatap-muka-dalam-menguasai-bahasa-inggris

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RI. (2022). ‘Penyesuaian SKB 4 Menteri Tentang Panduan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19’, 2022, 1–24 ‘

Nengrum, Thityn Ayu, Najamuddin Petta Solong, and Muhammad Nur Iman. (2021). ‘Kelebihan Dan Kekurangan Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo’, Jurnal Pendidikan, 30.1 (2021), 1–12.

Novalita, R. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran terhadap Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera, 14(2), 56–61. http://jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR1/article/view/201

Onde, L. ode, Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di masa New Normal terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. 3(6), 4400–4406. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. (2017). ‘Belajar Dan Pembelajaran’, FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3.2 (2017), 333

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. 02(2), 139–144. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142.

Wahana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 298–305.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.16258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elia Yunita Sari, Dwi Rorin Mauludin Insana, Sahri Suwandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.