Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Pengembangan E-Modul Fisika Matematika Pada Materi Persamaan Diferensial Biasa
(1) Jambi University
(2) Jambi University
(3) Jambi University
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alvermann, D. E., & Sanders, R. K. (2019). Adolescent Literacy in a Digital World. The International Encyclopedia of Media Literacy, 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118978238.ieml0005
Ames, H., Glenton, C., & Lewin, S. (2019). Purposive sampling in a qualitative evidence synthesis. BMC Medical Research Methodology.
Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730
Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif model 4D pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.
Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing. https://doi.org/10.1177/1744987120927206
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.
Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., Ningsi, A. P., Romadona, D. D., & Dari, R. W. (2020). Regression of Science Process Skills On Critical Thinking Skills In Two Junior High Schools In Jambi City. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(3), 177–186. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i3.1788
Ellianawati, & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1992
Erdi, P. N., & Padwa, T. R. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 1(1), 23–27. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13
Gunada, I. W., Rokhmat, J., Hikmawati, H., & Kesipudin, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika Ii Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 216–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.414
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Hold, P., Erol, S., Reisinger, G., & Sihn, W. (2017). Planning and Evaluation of Digital Assistance Systems. Procedia Manufacturing, 9, 143–150. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.04.024
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364
Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB)., 07(02), 1–11.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826.
Mazen, J. A. M., & Tong, X. (2020). Bias Correction for Replacement Samples in Longitudinal Research. Multivariate Behavioral Research, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/00273171.2020.1794774
Mu’min, U. A. (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Al-Afkar, Jurnal For Islamic Studies, 2(1), 104–119. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554070
Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655
Ningsih, I. Y., & Arief, M. (2021). Bauran Promosi Pada Dealer Yamaha Tretan Motor Dengan Pendekatan Mixed Methods. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Sukir, Nurkhamid, & Nurdiyansyah. (2019). Kelayakan E-Modul Berbasis Android untuk Mendukung Pembelajaran Aplikasi PLC sebagai Pengendali Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis di SMK. Jurnal Edukasi Elektro, 3(2), 88–98.
Syawal, I., & Ta’ali. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Online untuk Mahasiswa Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(01), 1–5. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/64
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.16022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fhadira Insani Putri, Astalini Astalini, Darmaji Darmaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |