Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Pengembangan E-Modul Fisika Matematika Pada Materi Persamaan Diferensial Biasa

Fhadira Insani Putri(1*), Astalini Astalini(2), Darmaji Darmaji(3)

(1) Jambi University
(2) Jambi University
(3) Jambi University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan hasil analisis kebutuhan mahasiswa terhadap e-modul Fisika Matematika materi persamaan diferensial biasa. Penelitian ini mengambil subjek mahasiswa angkatan 2020 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang berjumlah sebanyak 50 orang mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode campuran (mixed method). Penelitian dengan metode campuran ialah menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data pada penelitian kuantitatif diperoleh dari angket kebutuhan mahasiswa, dan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara pada mahasiswa. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dimana hasil yang diperoleh rata-rata sebesar 21,94 menyatakan bahwa e-modul Fisika Matematika ini dibutuhkan. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan Miles & Huberman dimana hasil wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan bahan ajar tambahan pada perkuliahan Fisika Matematika. Dengan adanya e-modul ini, mahasiswa diharapkan dapat belajar secara mandiri atau tanpa bimbingan langsung dari dosen.

Keywords


Fisika Matematika, e-modul, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Alvermann, D. E., & Sanders, R. K. (2019). Adolescent Literacy in a Digital World. The International Encyclopedia of Media Literacy, 1–6. https://doi.org/10.1002/9781118978238.ieml0005

Ames, H., Glenton, C., & Lewin, S. (2019). Purposive sampling in a qualitative evidence synthesis. BMC Medical Research Methodology.

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730

Arywiantari, D., Agung, A. A. G., & Tastra, I. D. K. (2015). Pengembangan multimedia interaktif model 4D pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–12.

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.

Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D. A., Ningsi, A. P., Romadona, D. D., & Dari, R. W. (2020). Regression of Science Process Skills On Critical Thinking Skills In Two Junior High Schools In Jambi City. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(3), 177–186. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i3.1788

Ellianawati, & Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 33–40. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1992

Erdi, P. N., & Padwa, T. R. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 1(1), 23–27. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Gunada, I. W., Rokhmat, J., Hikmawati, H., & Kesipudin, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Fisika Matematika Ii Pokok Bahasan Persamaaan Diferensial Untuk Meningkatkan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 216–227. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.414

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Hold, P., Erol, S., Reisinger, G., & Sihn, W. (2017). Planning and Evaluation of Digital Assistance Systems. Procedia Manufacturing, 9, 143–150. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.04.024

Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB)., 07(02), 1–11.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826.

Mazen, J. A. M., & Tong, X. (2020). Bias Correction for Replacement Samples in Longitudinal Research. Multivariate Behavioral Research, 0(0), 1–23. https://doi.org/10.1080/00273171.2020.1794774

Mu’min, U. A. (2019). Peran Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (E-Education). Al-Afkar, Jurnal For Islamic Studies, 2(1), 104–119. https://doi.org/10.5281/zenodo.3554070

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655

Ningsih, I. Y., & Arief, M. (2021). Bauran Promosi Pada Dealer Yamaha Tretan Motor Dengan Pendekatan Mixed Methods. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(1), 1–8.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Sukir, Nurkhamid, & Nurdiyansyah. (2019). Kelayakan E-Modul Berbasis Android untuk Mendukung Pembelajaran Aplikasi PLC sebagai Pengendali Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis di SMK. Jurnal Edukasi Elektro, 3(2), 88–98.

Syawal, I., & Ta’ali. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Mikrokontroler Berbasis Online untuk Mahasiswa Teknik Elektro. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 02(01), 1–5. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/64

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.16022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fhadira Insani Putri, Astalini Astalini, Darmaji Darmaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.