ANALISIS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM KURIKULUM MERDEKA

Septy Riza Tresnawati(1*), Ishmatun Naila(2), Meirza Nanda Faradita(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


The recent curriculum in Indonesia is the Kurikulum Merdeka, an improvement from Kurikulum 2013, containing "Merdeka Belajar" focuses on a meaningful, independent, characterful, comfortable and active learning process. In Kurikulum Merdeka IPA is integrated with IPS to become IPAS with the aim of helping students' understanding of the surrounding environment, both natural and social, in one unit. The results showed IPA in Kurikulum Merdeka is applied in accordance with the main idea of the Merdeka Belajar, the lesson plan and two priority programs in the form of school digitalization, achievement and developing character. The Merdeka Belajar lesson plan is prepared with three components. Learning resources in the form of utilizing science and technology and exploring the surrounding environment are a form of media digitization in the implementation of IPAS. Kurikulum Merdeka also applies various supporting activities and the Projek Penguatan Profil Pancasila which is integrated in all subjects including IPAS.

 

Kurikulum terbaru di Indonesia adalah Kurikulum Merdeka yang menjadi penyempurnaan Kurikulum 2013 dengan mengusung “Merdeka Belajar” yang berfokus pada proses pembelajaran bermakna, mandiri, berkarakter, nyaman dan aktif. Salah satu muatan dalam Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran IPA yang disatukan dengan IPS menjadi IPAS dengan tujuan untuk  membantu pemahaman peserta didik dalam memahami lingkungan sekitar baik itu alam maupun sosial dalam satu kesatuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dalam Kurikulum Merdeka dilaksanakan sesuai dengan pokok kebijakan utama Program Merdeka Belajar yang salah satunya adalah RPP dan dua progam prioritas berupa digitalisasi sekolah, prestasi dan penguatan karakter. RPP Kurikulum Merdeka disusun dengan tiga komponen, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Sumber belajar berupa pemanfaatan IPTEK dan eksplorasi lingkungan sekitar menjadi bentuk dari digitalisasi media dalam pelaksanaan IPAS. Selain itu, dalam Kurikulum Merdeka juga diterapkan berbagai kegiatan pendukung dan Projek Penguatan Profil Pancasila yang diintegrasikan pada semua mata pelajaran termasuk IPAS.


Keywords


Pembelajaran IPA, Kurikulum Merdeka, IPAS

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022).

Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A., & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Daga, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar (Sebuah Tinjauan Kurikulum 2006 hingga Kebijakan Merdeka Belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103–110. https://doi.org/10.53395/jes.v4i2.179

Fembriani. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Ipa Dan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Analysis of the Implementation Online Science Learning and Merdeka Belajar in Elementary School. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 3(02), 100–106.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf

Kumala, F. N. (2017). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran Ipa Di Sd. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64.

https://doi.org/10.31002/nse.v1i2.255

Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal SNPE FKIP Universitas MuhammadiyahMetro, 1(1), 67–72.

Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pendahuluan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 42–47. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p42-47

Nuraini, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. (2022). Serba-Serbi Kurikulum Merdeka.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahman, A. A. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Model EDP-STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 575–590. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.409

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25268

Yasin, M. (2020). COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR COMPUTATIONAL THINKING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR - DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER akan membantu mereka menghadapi tuntutan kehidupan abad ke - 21 dengan lebih baik . Researchgate, April, 0–11. https://www.researchgate.net/publication/340637723_COMPUTATIONAL_THINKING_UNTUK_PEMBELAJARAN_DASAR-DASAR_PEMROGRAMAN_KOMPUTER




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Septy Riza Tresnawati, Ishmatun Naila, Meirza Nanda Faradita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.