efektivitas dan pengembangan media praktikum virtual berbasis android materi sistem sirkulasi untuk meningkatkan literasi sains peserta didik kelas XI Tingkat SMA

Nukhbatul Bidayati Haka(1*), Cintia Puspa Arum(2), Supriyadi raden intan(3), akbar handoko(4)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(4) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupskan penelitian pengembangan media praktikum virtual berbasis Android yang meningkatkan literasi sains siswa dalam sistem sirkulasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan maksimal 9 langkah sesuai teori Borg & Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei validasi ahli (media, bahasa dan materi), survei respon siswa, wawancara, penilaian soal literasi sains dan dokumentasi. Hasil dari  penelitian media praktikum virtual berbasis android untuk meningkatkan literasi sains pada materi sistem sirkulasi peserta didik kelas XI, dapat disimpulkan bahwa metode pengembangan ini menurut Borg and Gall sebanyak 9 langkah yaitu studi lapangan dan pengumpulan informasi, penyusunan produk, bentuk awal pengembangan produk, uji lapangan awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional dan revisi produk akhir. Setelah melakukan uji terhadap media praktikum virtual berbasis android untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi sistem sirkulasi mendapat penilaian dengan kriteria sangat layak.

Keywords


Praktikum Virtual, Android, Literasi Sains, Sistem sirkulasi

Full Text:

PDF

References


Augustiani, Eka Danti. "Guru sains dan guru sains masa depan berjuang dengan skor PISA." Jurnal Kajian dan Pembelajaran Guru 3, no. 1 (2020):67-75.

Anggraini, W., Y. Anwar, and K. Madang. “Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKPD) pada materi Learning Cycle 7E Berbasis Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA Jurnal Pembelajaran Biologi: Studi Biologi dan Pembelajaran 3, no. 1 (2016): 49–57.

Arikunto suharsimi. Buku Evaluasi Pembelajaran.Pdf, 2013.

Aripin, at al. “Peran laboratorium dalam belajar biologi." Seminar Diklat Nasional, FKIP UNMA, 2020, 758–63.

Chairani, Chairani, Adeng Slamet, and Ketang Wiyono. “Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Sirkulasi Pada Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Inovasi Pendidikan 9, no. 1 (2019): 29–42. https://doi.org/10.36706/jip.v9i1.6.

Developer Training Team, Google. Android Developer Fundamentals Course-Concept Reference. CIRED - Open Access Proceedings Journal. 2017.

Dinata, Anita Nurlela, Yusuf Hilmi Adisendjaja and Amprasto Amprasto. “Dampak kunjungan lapangan terhadap literasi dan sikap siswa terhadap sains dalam ekosistem.” Asimilasi: Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia 1, no. 1 (2018): 8–13. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11449.

Djamarah, Syaiful bahri. Media Pembelajaran (Jakarta : Rineka Cipta), 2010.

Dkk, Indahsari Bunga. “An Augmented Reality Interactive Card-Based Human Blood Circulation System Learning Media for the 11 Th Grade Students.” Jurbal Teknik Informatika 6, no. 4 (2021): 517–26.

Ekaputra, Firdiawan. Efektivitas Laboratorium Virtual Kimia Berbasis Hypertext Markup Language 5 Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 7, 2020. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1201.

Hadi, Amirul. METODE PENELITIAN A . Jenis Dan Pendekatan Penelitian . Setting Penelitian. Vol. 2, 2016.

Haka, Nukhbatul Bidayati, Abdul Hamid, Nurhidayah Nurhidayah, Aryani Dwi Kesumawardhani, Mahmud Rudhini and Ranti Anda Riski. "Pengembangan instrumen penilaian pilihan ganda dua tingkat pada alat bantu komputer untuk literasi sains." Lingkungan: Jurnal Biologi Tadris 10, no. 2 (2019): 201-14. https: http://doi.org/10.24042/biosphere.v10i2.5755.

Hamzah, Andi Abdul. E-Modul Biologi XI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pengembangan Pendidikan Tinggi Tahun 2019. vol 1, 2020.

Harlina, Ramlawati oleh Muhammad Aqil Rusli. "Resep baza scienca yang dididik siswa SMPN 3 Makassar kelas 1." Jurnal Sains Terpadu 3, no. 2 (2020): 96-107. https: //doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.12320.

Kadir, Abdul. Pemrograman From Zero to a Pro C++ [Diskusi Pemrograman Berorientasi Objek], 2014. https: http://doi.org/10.13140/2.1.1589.0563.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahan penunjang pendidikan ilmu dasar. Gerakan Literasi Nasional, 2017.

Maksum, Apid Hapid, dan Yularman Saragih. "Analisis penerapan laboratorium virtual versus laboratorium realitas." Jurnal TIARSIE 17, No. 2 (2020): 47 https: //doi.org/10.32816/tiarsie.v17i2.72.

Muchson, M, Betti Elgavita Winarni, and Dwi Agusningtyas. “Pengembangan Virtual Berbasis Android.” Jurnal Pembelajaran Kimia 4, no. 1 (2019): 51–64.

Mustika, Eka Prasetya Adhy Sugara, and Maissy Pratiwi. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle.” Jurnal Online Informatika 2, no. 2 (2018): 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139.

National, Gross, and Happiness Pillars. Dasar Metodologi Penelitian, 2015.

Nisa, Salis Khoirun, and Yudi Rinanto. “Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Kelas XI MIPA” 8, no. 2 (2019): 121.

Radianta, wayan. Pengembangan Media Pembelajaran, 2002.

Rahmi, Elvi. “Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi.” Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi 8, no. 2 (2018): 127–35.

Saadah, Sumiyati. Sistem Peredaran Darah Manusia, 2018. https://idschool.net/smp/sistem-peredaran-darah-manusia/.

Saraswati, Anggun, Nugroho Edi Kartijono, and Partaya Partaya. “Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Sirkulasi Manusia Menggunakan Model Think Pair Share Di Sman 1 Karangrayung.” Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi 9, no. 2 (2020): 143–56. https://doi.org/10.26877/bioma.v9i2.7055.

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, 2013.

Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Pendidikan, 2017.

Suryaningsih, Yeni, and Gaffar dkk. “Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa.” The Journal of Science and Biology Education) 5, no. 1 (2020): 74–82.

Suryaningsih, Yeni, Aden Arif Gaffar, and Muhamad Kurnia Sugandi. “Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa.” BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) 5, no. 1 (2020): 74–82. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2243.

Trapenas Uniwara. “Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional Vol 1: ‘Peluang Dan Tantangan Pembelajaran Digital Di Era Industri 4.0 Menuju Era 5.0.’” Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 1 (2021): 136. https://books.google.co.id/books?id=m7hHEAAAQBAJ.

Ulil, Faizah, and Etika Dyah. “Kebutuhan Media Pembelajaran Praktikum Berbasis Aplikasi Website Pada Materi Sistem Sirkulasi Percobaan Uji Golongan Darah Di Masa Pandemi Covid-19,” 2020, 36–42.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.15958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cintia Puspa Arum, Nukhbatul Bidayati Haka, Supriyadi raden intan, akbar handoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.