Analisis Teori Behavioristik dalam Proses Pembelajaran Matematika pada Siswa MTs Bahrul Ulum Genukwatu

Stevi Magiananta(1*), Mukhammad Atho'ur Rohman(2), Yurika Pipit Widyastanti(3), Yolla Desi Magdalena(4), Jauhara Dian Nurul Iffah(5)

(1) STKIP PGRI JOMBANG
(2) STKIP PGRI JOMBANG
(3) STKIP PGRI JOMBANG
(4) STKIP PGRI JOMBANG
(5) STKIP PGRI JOMBANG
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan teori behavioristik dalam proses pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu dengan mengamati guru dan siswa ketika proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Penggumpulan data dilakukan dengan mengacu pada pedoman observasi dan lembar wawancara. Hasil penelitian ini adalah bahwa teori behavioristik sangat penting dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa penerapan teori behavioristik dalam proses pembelajaran matematika pada siswa MTs Bahrul Ulum Genukwatu, Ngoro Jombang cenderung telah diterapkan oleh subjek dan hanya satu poin saja yang belum diterapkan yaitu memberikan stimulus baru. Mengenai tentang poin yang belum diterapkan ketika proses pembelajaran, diperoleh bahwa subjek sengaja tidak memberikan stimulus baru karena subjek menggangap bahwa stimulus  yang diberikan diawal sudah cukup. Faktor lain yang dianggap penting untuk teori behavioristik yaitu penguatan. Apabila penguatan ditambahkan maka respon akan semakin kuat.

Keywords


Teori Behavioristik; Pembelajaran Matematika; Siswa Mts

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Ismail, I. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Cendekia Publisher.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.

Nahar, N. (2016). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ), 1.

Penmas, U. N., Melalui, P., Kreatif, E., & Kain, B. (2021). Un penmas. 1(2), 57–64.

Shahbana, E. B., Kautsar farizqi, F., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249

Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo.

Yunastutik, G. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Behavioristik Pada Siswa Smpn 1 Karangploso. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 11(2), 207. https://doi.org/10.30957/cendekia.v11i2.318




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i1.15483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Stevi Magiananta, Mukhammad Atho'ur Rohman, Yurika Pipit Widyastanti, Yolla Desi Magdalena, Jauhara Dian Nurul Iffah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.