Meta-Analisis Penerapan Media Animasi Pada Pelajaran IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Zakky Mubarok’s(1), Azizah Miftakhul Rohmah(2*), Adinda Fara Aulia(3), Anita Ekantini(4)

(1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(4) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis data pada penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPA TERPADU. Pembelajaran menggunakan media animasi dengan kurikulum merdeka terpantau dapat meningkatkan hasil belajar peserta didiik yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis yang ditinjau dari literatur yang menganalisis temuan penelitian yang telah dipublikasikan secara resmi. Penelitian ini dimulai dengan pencarian data berupa analisis diskriptif kuantitatif. Pengambilan data diambil dari nilai pretest dan postest. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media animasi pembelajaran IPA TERPADU dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dari yang terendah sampai yang tinggi yaitu 13,93 % dan 50,34% dengan rata-rata 27,50%

Full Text:

PDF

References


Aditya, B. R., Ismiatun, A. N., Atika, A. R., & Permadi, A. (2022). Digital disruption in early childhood education: A qualitative research from teachers’ perspective. Procedia Computer Science, 197, 521–528.

Archambault, J., Burch, T., Crofton, M., & McClure, A. (2008). The Effects of Developing Kinematics Concepts Graphically Prior to Introducing Algebraic Problem Solving Techniques. 70.

Arianti, R., Indrawati, I., & Wicaksono, I. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK PEMBELAJARAN PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA SMP. EduFisika, 5(02), 92–103.

Coffman, S., & Draper, C. (2022). Universal design for learning in higher education: A concept analysis. Teaching and Learning in Nursing, 17(1), 36–41.

Djumanto, D. (2022). Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 1–20.

Evelina, M., Sukadi, E., & Hadiati, S. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS SOFTWARE BLENDER PADA MATERI TATA SURYA UNTUK KELAS VII SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 5(1), 1–6.

Fauziyah, E. I., Praherdhiono, H., & Ulfa, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 448–455.

FITRIANI, W. (2019). KREATIVITAS PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPA MI DARUSSALAM WONODADI BLITAR.

Irvan, M., Mutmainah, S., & Jauhari, M. N. (2021). The Peer Tutor Method: Implementation in Hybrid Learning Settings for Students with Disabilities. 29–32.

Jauhari, M. N., Mambela, S., Shanty, A. D., Nurmasari, D., Usfinit, A. H., & Batlyol, A. (2022). OPTIMALISASI MEDIA DAN TEKNOLOGI ASISTIF DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI. Kanigara, 2(2), 446–452.

Kurniawan, D., Subaer, S., & Nurhayati, N. (n.d.). KAJIAN PUSTAKA TENTANG EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN VIDEO BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 31–43.

Lestari, T., Wuryandini, E., & Suciptaningsih, O. A. (2019). PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR BERORIENTASI PERATURAN DIRJEN DIKDASMEN KEMENDIKBUD NO. 07/D. D5/KK/2018. 193–200.

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Henrika, N. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86.

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. JPPIPAI: Jurnal Pendidikan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Indonesia, 1(2).

Rahmawati, S., Paradia, P. A., & Noor, F. M. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran IPA SMP/MTS Berbasis Virtual Reality. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–25.

Rindayati, E., Putri, C. A. D., & Damariswara, R. (2022). Kesulitan Calon Pendidik dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 18–27.

Sari, N. W., & Samawi, A. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 140–144.

Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. 4(1), 9.

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.

Sulistiyowati, T., & Kristanto, A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Singowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 9(2).

Werdiningsih, D., Umamah, A., & Wahyuni, S. (2022). Indonesian Redesigned Curriculum: Teachers’ Recognition Profiles and Perception of Its Implementation and Impacts.

Wulandari, S., & Rahma, I. F. (2021). Efektivitas media video kine master terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring. Jurnal Analisa, 7(1), 33–45.

Yudianto, A. (2017). Penerapan video sebagai media pembelajaran.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.15477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azizah Miftakhul Rohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.