Pengaruh Tingkat Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik LKP Yuwita

Aprilia Dwiandini(1*), Ariandani Priyanti Putri(2), Cika Agustini(3), Bayu Adi Laksono(4)

(1) Universitas Siliwangi
(2) Universitas Siliwangi
(3) Universitas Siliwangi
(4) Universitas Siliwangi
(*) Corresponding Author

Abstract


Lembaga Kursus Pelatihan adalah bagian dari pendidikan nonformal yang dibentuk dengan tujuan memberdayakan masyarakat agar dapat menciptakan generasi yang memiliki potensi yang mendukung kemajuan masyarakat melalui program pelatihan sebagai penyediaan fasilitas untuk melaksanakan pengembangan potensi yang dimilikinya. Tanpa terkecuali di Lembaga kursus pelatihan walaupun dengan warga belajar yang variatif baik dari segi usia maupun latar belakangnya, agar pembelajaran dapat berhasil menciptakan potensi yang berkualitas bagi warga belajarnya, maka diperlukan salah satunya sikap disiplin dalam mengikuti pembelajarannya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengkaji tentang pengaruh tingkat kedisiplinan terhadap hasil belajar peserta didik, dengan studi di LKP Yuwita Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yaitu bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas yaitu kedisiplinan dan variabel terikat yaitu hasil belajar melalui teknik pengumpulan data dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 28 pernyataan positif yang telah lulus uji validitas dan reliabilitas. Kemudian data dianalisis dengan uji normalitas, uji heteroskedasitas untuk melakukan analisis regresi dan korelasi sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa Ho ditolak yang berarti hubungan variabel bebas (X) atau kedisiplinan memiliki pengaruh yang signifikan dengan variabel terikat (Y) atau hasil belajar.

Keywords


Kedisiplinan; Hasil Belajar; LKP Yuwita

Full Text:

PDF

References


Elly, R. (2016). HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 10 BANDA ACEH. JURNAL PESONA DASAR, 3(4), 43–53.

Herlinda, S., Hidayat, S., & Djumena, I. (2017). Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 1–9.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Herwina, W. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Pembinaan Pelatihan Keterampilan di Lembaga Kursus dan Pelatihan Yuwita Tasikmalaya. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(1), 75–86.

Kristanto, Vigih Hery. (2018). Metode Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Sleman: Deepublish.

Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.

Pasaribu, R. (2018). Pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap kedisiplinan belajar dan prestasi belajar pada siswa SD Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2).

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA Tim. Puslitjakdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.15390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aprilia Dwiandini, Ariandani Priyanti Putri, Cika Agustini, Bayu Adi Laksono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.