Studi Pengetahuan Guru SMK Teknik Mesin di Kota Serang mengenai Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran

Mohammad Ariansyah Sahputra(1*), Ikhsanudin Ikhsanudin(2), Hamid Abdillah(3)

(1) Sultan Ageng Tirtayasa University
(2) Sultan Ageng Tirtayasa University
(3) Sultan Ageng Tirtayasa University
(*) Corresponding Author

Abstract


Model dan metode pembelajaran merupakan bagian krusial dalam proses belajar mengajar. Pendekatan TPACK merangkum realisasi model dan metode pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan guru SMK Teknik Mesin di Kota Serang terhadap TPACK dan bagaimana penerapan TPACK dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif persentase. Sampel yang digunakan berjumlah 26 guru dari 31 guru yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan syarat merupakan guru yang memiliki latar belakang pendidikan teknik mesin dan telah terdaftar di dapodik. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan TPACK guru SMK Jurusan Teknik Mesin di Kota Serang termasuk dalam kategori baik dimana nilai rata-rata aspek Pengetahuan Teknologis (TK) 84,7%; Pengetahuan Konten (CK) 85%; Pedagogic Knowledge (PK) 84%; Pengetahuan Konten Pedagogis (PCK) 84,6%; Pengetahuan Teknologi Konten 83,6%; Pengetahuan Teknologi Pedagogis 85,9%; dan Pengetahuan Konten Teknologi Pedagogis (TPACK) 87,9%. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan TPACK guru di Kota Serang tergolong tinggi.


Keywords


TPACK; Vocational School; Mechanical Engineering;

Full Text:

PDF

References


Harrington, R. A., Driskell, S. O., Johnston, C. J., Browning, C. A., & Niess, M. L. (2019). Pengetahuan Konten Teknologi Pedagogis. Tpack, 324–346. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-7918-2.ch016

Hayati, E., Rahmadi, F., Nursyifa, A., Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., & Pamulang, U. (2020). PROSIDING SEMINAR NASIONAL Enhancing Innovations for Sustainable Development?: Dissemination of Unpam’s Research Result ANALISIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND PENGETAHUAN KONTEN (TPACK) CALON GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn).

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is Pengetahuan Konten Teknologi Pedagogis (TPACK)? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Nofrion, Wijayanto, B., Wilis, R., & Novio, R. (2018). Analisis Technological Pedagogical and Content. Jurnal Geografi, 10(2), 105–116.

Oster, A., & Peled, Y. (2019). Pengetahuan Konten Teknologi Pedagogis in pre-service teacher education: Research in progress. Springer Proceedings in Complexity, 41–47. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7308-0_5

Rahmatullah, B., Praherdhiono, H., & Wedi, A. (2021). Analisis Kompetensi Technological Pedagogical and Pengetahuan Konten Pada Guru Sekolah Vokasi Kemaritiman. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(2), 186–198.

Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632

Siagian, G. (2021). s Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 I. Isrokatun1? , Upit Yulianti2, Yeyen Nurfitriyana3 Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia1,2,3 E-mail: isrokatun@upi.edu1, upityulianti@upi.edu2, yeyennf28@upi.ed. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 417–422.

Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. jurnal.untirta.ac.id, 2(1), 456–469.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Wardani, H. K. (2022). TECHNOLOGY PEDAGOGY PENGETAHUAN KONTEN (TPACK)(ANALISIS KONSEP & MODEL PEMBELAJARAN). BASA, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i2.15380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Ariansyah Sahputra, Ikhsanudin Ikhsanudin, Hamid Abdillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.