Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris dalam Berbicara untuk Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Susust - Bali

I Gede Santika Yasa(1*), Luh Made Dwi Wedayanthi(2), Made Dewi Suparwati(3)

(1) Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
(2) Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya Bali
(3) SMA Negeri 1 Susut
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar bahasa inggris dalam berbicara pada siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Susut. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket, dokumentasi hasil tes formatif dan observasi pada kegiatan pembelajaran. Data yang didapat dianalisis menggunakan metode skala likert untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam berbicara berdasarkan 6 indikator utama yaitu: motivasi siswa, peran siswa dalam pembelajaran, intake siswa, sarana dan prasarana, materi pembelajaran,dan lingkungan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat beberapa kesulitan belajar bahasa inggris dalam berbicara yang dihadapi oleh siswa meliputi: 1) perasaan ragu dan kurang percaya diri saat praktek berbicara bahasa inggris yang disebabkan oleh minimnya motivasi dari guru dan diri sendiri, 2) Minimnya ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran, 3) alokasi waktu pembelajaran yang singkat sehingga tidak tersedianya waktu praktek berbicara bahasa inggris yang cukup, 4) Kondusifitas suasana pembelajaran yang tergesa-gesa akibat waktu pembelajaran terbatas.

Full Text:

PDF

References


Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan LiAini, Prastya Nor, and Abdullah Taman, ‘Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011’, Jurnal Pendidika. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65.

Aslamiah, S. (2020). Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Dalam Perspektif Pendidikan. PrimEarly: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 3(2), 134–146.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Farida, N. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(2), 118. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799

Fitriansyah, F. (20189). Pemanfaatan Media Pembelajaran (Gadget) Untuk Memotivasi Belajar Siswa Sd. News.Ge, 2, https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava.

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. Child’s Nervous System, 32(9), 1709–1714. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3

Purba, M. S. (2009). Pembelajaran berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1343

Sabarudin, S. (2018). Materi Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jurnal An-Nur: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan, 04(01), 1–18. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/69

Sabdarifanti, T., Hanifah, N., Rizqi, A. K., & Artajaya, U. (2021). Inovasi Kurikulum: Materi Pendidikan. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(10), 1460–1476. https://doi.org/10.47387/jira.v2i10.234

Setyawan, I. K. A. (2010). Analisis Korelasi Kompleksitas Materi, Daya Dukung, Dan Intake Siswa Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kecamatan Kuta.

Sofiyanti, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Dengan Media Pembelajaran Online English Pronounciation. Wawasan Ilmiah Manajemen Dan Teknik Informatika, 6(11), 16–29. file:///D:/ARTIKEL PKM/Referensi 1/23-66-1-PB.pdf

Sormin, A. S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris. 3(2), 6–7.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Tuan, N. H., & Mai, T. N. (2015). Factors affecting students’ speaking performance at Le Thanh Hien high school. Asian Journal of Educational Research, 3(2), 8–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i3.14793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 I Gede Santika Yasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.