Pengembangan Media Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Banyak

Vit Ardhyantama(1*), Retno Andhita Ananda(2), Sugiyono Sugiyono(3)

(1) STKIP PGRI Pacitan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) prosedur pengembangan media pembelajaran booklet; (2) kelayakan media pembelajarn booklet; (3) hasil pengembangan media pembelajaran booklet. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D Thiagarajan (1974). Langkah-langkah yang dilakukan antara lain (a) pendefinisian; (b) desain; (c) pengembangan dan; (d) penyebaran. Produk di uji cobakan pada 9 siswa sekolah dasar kelas IV dalam uji coba kelompok kecil. Kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan respon siswa kelas IV SD sebagai subjek tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sebagai studi pendahuluan, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik tingkat validitas produk dan analisis data uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) booklet untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan tahap pengembangan 4-D; (2) booklet diuji berdasarkan persentase angket respon 87% yang berarti “sangat valid”, rata-rata ahli materi 4,6 yang berarti “sangat valid”, rata-rata ahli media 4,2 yang berarti “sangat valid, dan media sangat valid, dinyatakan “layak” untuk digunakan; (3) hasil pengembangan berupa booklet dengan ukuran buku 14,8 cm x 10,5 cm yang memuat identitas buku, petunjuk penggunaan, daftar isi, pendahuluan, isi materi, contoh soal, glosarium, dan penutup.


Keywords


Booklet; Hasil belajar matematika; Segi banyak

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XVI No. 1, 98-107.

Agus, M. (2022). Penilaian Acuan Norma Dengan Penilaian Acuan Patokan Pada Cabang Atletik Nomor Lompat Jauh Sebagai Studi Komperatif. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 1, 6-15.

Andhika, M. R. & Wahyuni, C.N. (2020). Kreativitas Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di MIN 8 Aceh Barat. Jurnal Edu Science, Vol.7 No. 1, 28-33.

Beama, N dkk. (2019). Media Pembelajaran Booklet Berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Sains Biologi, Vol. 2 No. 3, 132-139.

Bintiningtyas, N. & Lutfi, A. (2016). Pengembangan Permainan Vermintz Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Periodik Unsur. Journal Of Chemical Education Unesa, Vol. 5, No. 2.

Dewi, B. dkk. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Kupu-Kupu di Kabupaten Kerinci dan Sekitarnya Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Animalia Kelas X SMA, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol.6 No.4,492-506.

Fatmawati, D. P. (2020). Implementasi Media Booklet Timbul Berbasis Braile Materi Kenampakan Alam Provinsi Jawa Timur. Jurnal Skripta, Vol.6 No.1, 13-19.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, Vol.3 No.1, 34-44.

Gemilang, R & Christina, E. (2016). Pengembangan Booklet Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Pemahaman Gaya Hidup Hedonisme Siswa Kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo.

Hamid, M. A. dkk. Media Pembelajaran. 2020:Yayasan Kita Menulis.

Hartarti, dkk. (2018). Kelayakan Media Booklet Submateri Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. 1-11.

Khotimah, S. K. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.3 No.4, 2149-2158.

Kurnia, D. (2018). Media Booklet Informasi Promosi Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Barat.

Kurniawan, D. & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-o-matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, Vol. 3, No. 1, 214-219.

Muyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurhidayah, R. dkk. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Edusaiins,7

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Vol.3 No.1, 171-187.

Nursalina, A. I. & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Jurnal Unnes, Vol.3 No.1, 1-7.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pebelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol.8 No.1, 19-35.

Rejeki dkk. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 4 No. 2, 337-343.

Sholichah, U. N. H. (2021). Pengembangan Media Flip Booklet Pada Pembelajaran Matematika Materi Kelipatan dan Faktor Suatu Bilangan Kelas IV SD.

Sinarti dkk., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Media Booklet Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Pada Siswa Kelas IV SDN 04 Batu Ampar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.6 No.1, 11-16.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, 103-114.

Wahyunigsih, N.A. (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Jurnal PP, Vol. 1, No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.14048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vit Ardhyantama, Retno Andhita Ananda, Sugiyono Sugiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.