Hubungan Self Regulated Learning dengan Motivasi Belajar Siswa SMK Nusantara Wisata Respati Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling

Risma Hajijah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan self regulated learning dengan motivasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, desain statistik korelasional. tujuannya untuk mengetahui sejauh mana variabel-variabel pada satu atau lebih faktor saling berhubungan pada self regulated learning dengan motivasi belajar. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 58 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert, teknik analisis data menggunakan Uji Korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara self regulated learning dengan motivasi belajar. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 ? 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan self regulated learning dengan motivasi belajar siswa.

Keywords


Self Regulated Learning; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Mustopa, Mulyadi Nanda (2002). Hubungan antara Self regulated learning dan Motivasi Belajar dengan Keterampilan Metokgnitif pada Mata Pelajaran Biologi (studi Korelasi di SMA N 1 Tasikmalaya). Biology Education Dapartment, 14-20..

Sandu, Siyoto & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing https://www.google.co.id/books/edition/DASAR_METODOLOGI_PENELITIAN/QPhFDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=populasi+sampel+dan+teknik+sampling&printsec=frontcover

Iwan, Febryan. (2021). Self Regulated Learning pada Implementasi Belajar dari Rumah. Ejurnal Imedtch, 5(1), 40-47.

Adawiyah & Isnaini (2021). Kesiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka pada Era New Normal di MI At-Tanwir Bojonegoro. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Saputra & Hidayat (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Regulasi Diri Terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Angkatan 2017 STKIP PGRI Jombang. Jurnal Pedagogi, 1(2), 73–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i1.13834

Refbacks



Copyright (c) 2023 Risma Hajijah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.