PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIMENTAL LEARNING BERBASIS PHET SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MATERI USAHA DAN ENERGI

Nurul Aini Afida(1*), I Ketut Maharduka(2), S Subiki(3), Aprilia Putri Yudiyanti(4), Muhammad Sahrul Rahmandani(5)

(1) Universitas Jember
(2) 
(3) Universitas Jember
(4) Universitas Jember
(5) Universitas Jember
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar fisika dengan pokok bahasan energi dan perubahannya. Desain penelitian ini dengan membandingkan hasil nilai postes dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Eksperimental learning berbasis PhET dan kelas kontrol dengan model pembelajaran biasa (konvensional). Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X-MIPA SMA Argopuro Panti yang berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (X-MIPA 1) dan kelas kontrol (X-MIPA 2). Hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan pada uji Independent T-Test didapatkan signifikansi sebesar 0,023 atau kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen dengan PhET Simulation memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Argopuro Panti.

Full Text:

PDF

References


Barus, E. L., & Sani, R. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di kelas x semester ii. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(4).

Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan media simulasi PhET terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97-104.

Ibrahim, E., & Yusuf, M. (2019). Implementasi Modul Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Model REACT Berbasis Kontekstual pada Konsep Usaha dan Energi. Jambura Physics Journal, 1(1), 1-13.

Kalsum, U. 2022. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkarkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Konduktor dan Isolator Pada Siawa Kelas VI SDN 002 Bengkong Tahun Pelajaran 2021/2022. RFM Pramedia, Jember.

Kua, M.Y., Claudia, M.M.M., Yohana, F.T., Ahmad, J., Jan, S., Ayu, I.G.N.K.S., Lalu, H., Suparmi, N.W., Febri, R., Fransiskus, X.D. 2021. Teori dan Aplikasi Fisika Dasar. Provinsi Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini

Martanti, N., Malika, E. R., & Setyaningsih, A. (2021). Pengaruh metode pembelajaran eksperimen virtual menggunakan PhET terhadap hasil belajar kognitif siswa. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi Pengaruh, 5(1), 83-92.

Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda, W. (2021). PENGGUNAAN SIMULASI PHET TERHADAP EFEKTIFITAS BELAJAR IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227-236.

Yasin, I. (2021). Problem Kultural Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia: Perspektif Total Quality Management. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 239-246.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 nurul aini afida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.