IMPLEMETASI KURIKULUM 2013 TERHADAP GAYA MENGAJAR GURU
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak—Bila kita ingin membicarakan implementasi kurikulum 2013 yang akan dilakukan guru, maka ada dua aspek yang harus diberi perhatian khusus yang terkait dengan kompetensi guru, yaitu kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Bagi siswa sendiri pembelajaran yang dilaksanakan hanya menyinggung kompetensi pengetahuan dan keterampilan, sedangkan kompetensi lain seperti sikap dan sosial diharapkan muncul dengan sendirinya ketika proses pembelajaran berlangsung. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan kompetensi.
Empat contoh gaya belajar guru yang digunakan dalam tulisan ini (Klasik, Teknologi, Personal, dan Instruksional) diharapkan dapat mewakili keterkaitan gaya mengajar guru dengan proses pembelajaran di sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, khususnya dalam implementasi proses yang menggunakan pendekatan saintifik. Dengan demikian kesiapan guru untuk melaksanakan menjadi sangat penting untuk mendorong peserta didik untuk mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 jupriadi jupriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |