Analisis Kualitas Layanan Pendidikan Matematika Siswa SMK Kristen Kanaan Jakarta

Wisnu Mursabdo(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa pada kualitas layanan pendidikan.  Penelitian ini bersifat  kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survai.  Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan indeks kepuasan. Sampel diambil sebanyak 45 dari populasi target siswa SMK Kristen Kanaan Jakarta yang berjumlah 82.  Ada 5 aspek yang diukur dalam survai kepuasan layanan pendidikan Matematika, yaitu : tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.  Secara umum, siswa SMK Kristen Kanaan Jakarta merasa cukup puas dengan layanan pendidikan Matematika dengan nilai indeks kepuasan sebesar 84,27.  Sedangkan dalam aspek tangibles dan assurance, siswa merasa kurang puas dengan nilai indeks kepuasan 83,56.  Siswa merasa cukup puas pada aspek reliability dan responsiveness yang memiliki nilai indeks kepuasan 84,00 dan 84,44. Siswa merasa sangat puas pada aspek empathy dengan nilai indeks kepuasan sebesar 85,78.  Gaya komunikasi adalah salah satu aspek yang harus diperbaiki guru untuk peningkatan kualitas layanan.  Sedangkan penguasaan materi dan kepedulian guru kepada siswa patut dipertahankan untuk kepuasan layanan pendidikan.  Mewujudkan kelengkapan bahan ajar patut ditingkatkan agar indeks kepuasan aspek tangibles bisa ditingkatkan.

Keywords


Kualitas layanan pendidikan, Kategori kepuasan, Indeks kepuasan

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, Maman. Virgana. Kasyadi, Soeparlan. (2017). Evaluasi Dalam Pembelajaran. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Cochran, William G. (1991). Teknik Penarikan Sampel (edisi terjemahan oleh Rudiansyah). Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 2(1), 59-66. https://doi.org/10.35724/musjpe.v2i1.1874

Jatmiko Nuryanto, Yulius. (2012). Kualitas Layanan dan Positive Word of Mouth. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), [S.l.], v. 3, n. 2, sep. 2012. ISSN 2337-5434. Available at: . Date accessed: 07 feb. 2022. doi:https://doi.org/10.15294/jdm.v3i2.2452.

Mursabdo, Wisnu. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Pendar Cahaya. https://widyasari-press.com/pengaruh-pandemi-covid-19-terhadap-proses-pembelajaran/

Mursabdo, Wisnu. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kompetensi Sosial Guru Dan Minat Belajar Matematika di SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Sinasis. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5346

Mursabdo, Wisnu & Mursabdo, Michael Christian. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Daya Serap Siswa Kelas 9 SMP Kristen Kanaan Jakarta. Jurnal Lentera : Jurnal Studi Pendidikan, 3(2), 17-26. https://doi.org/10.51518/lentera.v3i2.49

Mursabdo, W. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1). http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/viewFile/5491/1255

Mursabdo, W., & Widajat, S. (2021). Implementasi etnomatematika dalam pengembangan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic). Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 134-139. http://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6047

Rangkuti, Freddy. (2003). Riset Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Steel, Robert G.D & Torrie, James H. (1993). Prinsip dan Prosedur Statistika (edisi terjemahan oleh Bambang Sumantri). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Suendarti, Mamik. (2019). Konsep-konsep MIPA. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit AlfaBeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v10i1.13249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wisnu Mursabdo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.