Identifikasi Pengaruh Penggunaan Media Zoom Meeting Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA-Sederajat

Sefi Dwi Wahyuni(1), Rahman Fauzi Ramadhan(2), Fahria Aryani(3), Kevin Geordy(4), Nurul Fahrunnisa(5), Farah Erika(6*)

(1) Mulawarman University
(2) Mulawarman University
(3) Mulawarman University
(4) Mulawarman University
(5) Mulawarman University
(6) Mulawarman University
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis video conference seperti Zoom Meeting terhadap hasil belajar kimia pada siswa SMA-sederajat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data mengadopsi metode penelitian berupa studi literatur atau studi pustaka. Sumber data penelitian ini ditinjau dari berbagai artikel ilmiah nasional terkait penggunaan media Zoom Meeting pada pembelajaran kimia jenjang pendidikan SMA-sederajat. Tahap awal penelitian ini adalah membaca berbagai artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik pembahasan dan penerapan di berbagai sekolah, kemudian menganalisis isi sumber data terkait pembelajaran kimia secara daring. Pembelajaran kimia melalui platform Zoom Meeting dinilai lebih efektif terhadap hasil belajar siswa SMA-sederajat namun selama proses pembelajaran harus terhubung ke jaringan internet.

Keywords


Zoom meeting, Pembelajaran Kimia, Hasil Belajar Siswa, SMA-sederajat

References


Amelia, Brilianur Dwi C., Hasanah Uswatun., Putra Abdy Mahesha dan Rahman Hidayatur.2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Dimasa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Andriani, Kiki., Wildan Dan Sofia, Baiq Fara Dwirani. 2021. Studi Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Di SMAN 3 Mataram Secara Daring Pada Msaa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Imiah Profesi Pendidikan. (6)1:145-150

Baety, Dwinda Nur., Munandar, Dadang Rahman. 2021. Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. (3)3: 880-889

Brahma Akbar Ismail. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Matakuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional AKSARA. (6)2: 97-102

Efendi, S & Marpaung, R. F. (2018). Implementasi Mobile Learning Dengan Model Advance Organizer Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kimia Mahasiswa. PeTeKa Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3): 171-178

Eliyarti Dan Rahayu, C. 2022. Refleksi Aktivitas Mahasiswa Dalam Perkuliahan Daring Kimia Dasar Menggunakan Zoom. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi. (9)1: 186-187

Farida, I., Rahmawati, R., Aisyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran kimia sistem daring di masa pandemi Covid-19 bagi generasi Z. KTI Massa WHF Pandemi Covid-19

Gilbert, T. R., Kirss, R. V, Foster, N., Bretz, S. L., & Davies, G. (2018). Chemistry: The Science in Context.(E. Fahlgren, Ed.). Newyork: WW Norton & Company. https://doi. org/LCCN

Haqien, Danin, Aqiilah Afiifadiyah Rahman. 2020, Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19, Susunan Artikel Pendidikan (SAP) Volume 5 No.1 Halaman 51-56

Lestari, Indah Ayu., Amir, Hermansyah., Rohiat, Salastri. (2017). Hubungan Persepsi Siswa Kelas X Mipa Di Sma Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia. 1(2): 113-116

Mentari, L., Suardana, I. N., & Wayan, I. S. (2014). Analisis Miskonsepsi Siswa Sma Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga. Journal Kimia Visvitalis Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Kimia, 2, 76–87

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio; Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640

Nurfajriani, N., & Nasution, Z. (2015). Pengaruh Software Macromedia Flash Pada Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 18-24

Permatasari, Mia Indah. 2021. Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Daring (Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting) di SMK Negeri 1 Tanjung Palas. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. (1)2

Prawanti, Lia Titi dan Sumarni Woro. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seinar Nasional Pascasarjana UNNES

Purba, Leony Sanga Lamsari., Affridika, Sali dan Junita Yohana. 2021. Innovation In Using The Quizizz-Assisted Zoom Application In Chemistry Learning During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Phenomenon. (11)1: 117-126

Rahman, Lusyana., dkk. 2021. Analisis Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Pada Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Kimia Jurusan Kimia FMIPA UNMUL

Rohimat, Sonny. 2021. Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di SMA Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. (3)2: 90-97

Sadewa, Prima., Damayanti, Riska. 2022. Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Dan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, Hukum, dan Bisnis. (7)1: 52-62

Suhery, Trimardi Jaya Putra, And Jasmalinda Jasmalinda. (2020). “Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(3):129–32

Susanti, Tri Mega., Ritonga, Pangoloan Soleman. 2022. Perbedaan Hasil Belajar Saat Terjadinya Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Kemandirian Siswa pada Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai. (6)1

U, Umriana., Sulfikar., Yunus, Muh. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Zooming Presentation dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Parepare (Studi Pada Materi Pokok Ikatan Kimia). ChemEdu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia). (2)1: 27-35

Vegatama, Meita Rezki dan Amiruddin. (2021). Pengaruh Platform Zoom Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Migas Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development. (9)3




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.13118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sefi Dwi Wahyuni, Rahman Fauzi Ramadhan, Fahria Aryani, Kevin Geordy, Nurul Fahrunnisa, Farah Erika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.