Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu Tingkat SMP Kelas 8 sebagai Landasan Ketercapaian Pembelajaran IPA

Anur Wahyu Ningtyas(1), Azkia Shofani Aulia(2*), Prista Aulia Rahmadhani(3)

(1) Pesantren Riset Al-Muhtada
(2) Pesantren Riset Al-Muhtada
(3) Pesantren Riset Al-Muhtada
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran IPA di tingkat SMP berdasarkan kurikulum 2013 dilaksanakan secara terpadu. Empat bidang kajian IPA yakni Biologi, Fisika, Kimia, serta Ilmu Kebumian dan Antariksa yang diajarkan secara terintegrasi pada setiap pertemuan dan disesuaikan dengan karakteristik materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan ketercapaian pembelajaran IPA Terpadu di SMPN 24 Semarang. Jenis penelitian kualitatif studi kasus yang dilaksanakan di SMPN 24 Semarang dengan batasan kelas VIII. Data didapatkan melalui metode observasi, wawancara, pengisian angket, dokumentasi, dan studi literature. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran IPA Terpadu di SMPN 24 Semarang sudah diterapkan dengan baik dengan menggunakan sarana prasarana dan perangkat pembelajaran yang mendukung. Akan tetapi masih terdapat hambatan dalam pengintegrasian disiplin IPA akibat profil guru yang belum mencakup semua disiplin IPA. Ketercapaian pembelajaran yang diketahui dari hasil belajar siswa sudah didapatkan dengan baik, namun masih ada beberapa siswa yang memiliki nilai kurang dari KKM yang ditentukan.

Keywords


Pembelajaran; IPA Terpadu; Integrasi; Kurikulum; Ketercapaian.

Full Text:

PDF

References


Agustami, R. P., Wiyanto, W., & Alimah, S. (2017). Persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran IPA Terpadu serta implikasinya di SMP. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 96-103. https://doi.org/10.15294/jise.v6i1.17069

Efwinda, S., & Sopandi, W. (2016). Peningkatan penguasaan konsep siswa melalui pembelajaran IPA terpadu berbasis masalah berbantuan mind map. Edusains, 8(1), 27-35. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1580

Pradani, D. R., Mosik, M., & Wiyanto, W. (2018). Analisis Aktivitas Siswa dan Guru dalam Pembelajaran IPA Terpadu Kurikulum 2013 di SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 57-66. https://doi.org/10.15294/upej.v7i1.22476

Priyatma, B., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. T. (2019). Analisis kendala pendidik IPA terhadap pembelajaran IPA Terpadu di SMP Swasta. Jurnal Bio Terdidik, 7(5): 20-32. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/17847/13018

Septiana, N., dkk. (2018). Kesulitan guru IPA SMP/MTs mengajarkan IPA Terpadu di Kalimantan Tengah. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1): 1-11. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.716

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-288. http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE%20PENELITIAN%20KUALITATIF%20DI%20BIDANG%20PENDIDIKAN.pdf

Wilujeng, I., Setiawan, A., & Liliasari (2010). Kompetensi IPA terintegrasi melalui pendekatan keterampilan proses mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, (3), 353-364. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.363




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.12708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Azkia Shofani Aulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.