Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Biaya Tehadap Minat Melanjutkan Studi Magister
(1) Universitas Negeri Medan
(2) Postgraduate Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rusdakarya.
Abdullah N.S. (1985). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pendidikan Sebagai Salah Satu Bahan Pertimbangan dalam Menentukan Prioritas Jenis Sekolah. Tesis: PPS IKIP Bandung.
Abraham H. Maslow, 2010, Motivation and Personality. Rajawali, Jakarta.
Agung Bawantara. (2007). Lulus SMA Kuliah Dimana? Panduan Memilih Program Studi. Jakarta: PT. Kawan Pustaka.
Agung, I Gusti Ngurah. (2004). Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahman, Eeng dan Yana Rohmana. 2009. Teori Ekonomi Mikro. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Apriyani, W. (2013). Pengaruh Motivasi dan Biaya Pendidikan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi2: 2: 4-15.
Arikunto. S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswita, elfi lubis. 2017. Metodologi Penelitian. Medan: Perdana Publishing
Azis, A. (2017). “Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Program Pasca Magister Ilmu Akuntansi (Survei Pada Perguruan Tinggi Negeri Universitas Lampung Unila)”. Bandar Lampung: Skripsi Unila.
Benny, E dan Yuskar. (2006). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak). Simposium Nasional Akuntasi . Padang
Berlinasari, M., & Erawati, A. (Oktober 2017). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Pada Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi21: 1: 447-476.
Bilson, Simamora. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Budiasih, I. G. A. N. (Agustus 2019). Pengaruh Motivasi dan Persepsi Biaya Pendidikan pada Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Magister Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi28: 2: 929-956.
Crow, L.D., dan Crow, A. (1982). Psikologi Pendidikan, penerj. Kasijan Z,. Surabaya: PT Bina Ilmu.
Darmaningtyas. 2004. Pendidikan yang Memiskinkan. Yogyakarta: Galang Press,
Denziana, A., & Febriani, R. F. (September 2017). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi dan Keuangan8: 2: 56 - 66.
Dimyati, Mahmud. 2001, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Durso, S. D. O. (2016). Motivational Factors for the Master ’ s Degree : a Comparison between Students in Accounting And Economics in the Light of the Self- Determination Theory, 27: 243–258.
Elia, A. Pengaruh Motivasi Kualitas dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntasni (PPA) (Studi Empiris Pada:PTS Dan PTN Penyelenggara Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Se-Kota Semarang. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang.
Elide Prayitno. 1999. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Fatmawati, I. V. (2017). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). Prodi Akuntansi UPY. Yogyakarta.
Gibson, D. M. (2005). The use of genograms in career counseling with elementary, middle, and high school students. The Career Development Quarterly, 53: 4: 353–362.
Hadiprasetyo, T. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Biaya Pendidikan Dan Persepsi Masa Studi Terhadap Minat Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Profita, 2: 7: 5-9.
Hagemann, Gisela. 1994. Motivasi untuk Pembinaan Organisasi. Jakarta Pusat: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Halim, A. 2012. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat.
Hardjono Notodiharjo. 1990. Pendidikan Tinggi dan Tenaga Kerja Tingkat Tinggi di Indonesia. Jakarta: UI Press.
Hartono et al. 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasanah, A. A., & Waskita, A. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan, Dan Pengetahuan Tentang Akuntan Publik (Ap) Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Ppak. Akurat| Jurnal Ilmiah Akuntansi Fe Unibba12: 1: 21-32.
Helen, S. Farmer. Leslie J. Fyans. (1980). Woman’s Achievment and Career Motivation: Their Risk Taking Patterns, home-Career Conflict, Sex Role Orientation, Fear Of Success, and Self-concept. Achievment Motivation, pp: 190-414.
https://www.kompasiana.com/heryizkak7272/5e27aff4d541df08eb003b42/coba-lihat-fenomena-banyaknya-pengangguran-terdidik-di-tahun-2020?page=all (diakses 10/01/2021, Pukul 18:00).
Ikbal, M. (2016). Motivasi Mahasiswa Akuntansi Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Studi Empiris Di Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman). Journal of Accounting and Business Education, 1: 2: 3-4.
Indrawijaya, Adam Ibrahim. 2010. Teori, Perilaku, dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama.
Irianto, J. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Insan Cendekia
Jogianto, 2011. Metodologi Penilitian Bisnis. Salah Kapra dan Pengalaman Pengalaman. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Karina Pradityas Putri. (2011). Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Skripsi: FE Universitas Diponegoro Semarang.
Karyati, K., & Sukirno, S. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Biaya Pendidikan terhadap Minat Melanjutkan Studi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14: 1: 55-53
KBBI. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). http://kbbi.web.id/pusat (diakses tanggal 08/01/2021, Pukul 14:00).
Kermis, George. (2011). Professional Presence And Soft Skills: A Role For Accounting Education. Journal Of Instructional Pedagogies, 2(1): pp: 1-10.
Ketut Sukardi, Dewa. (1994). Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Surabaya: Usaha Nasional.
Khuluqo, Ihsana El. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kompasiana, 2020. Fenomena Banyaknya Pengangguran Terdidik di Tahun 2019
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi 12: Jilid 2. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kusumastuti, R., & Waluyo, I. (2013). Pengaruh motivasi dan pengetahuan UU No. 5 tahun 2011 tentang akuntan publik terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti pendidikan profesi akuntansi (PPAk). Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 2: 2: 1-30.
Linda dan Muda, I. 2011. Pengaruh Pengetahuan Akuntansi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Dan Akuntansi Perguruan Tinggi Negeri Dan Swasta Di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Keuangan Dan Bisnis. 3: 2: 133-143.
Lupiyoadi, & Hamdani. (2008). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat.
M Ngalim Purwanto. (2014). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya
Mahmud, A. (2008). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi. Dinamika Pendidikan3: 1.
Malayu S.P. Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Maslow, A.H. (1943). "A Theory Of Human Motivation". Psychological Review. 50: 4: 370–96.
Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba empat
Matz, A., & Usry, M. F. (1980). Cost accounting: Planning and control. South-Western Publishing Company.
Mulyadi. 2015. Akuntansi Biaya (5th ed.). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Nasution, S. 2003. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Noe, R. A., Noe, A. W., & Bachuber, J. A. (1990). An Investigationof the correlates of career motivation. Journal of Vacational Behavior: 37: 3: 340-356.
Putri, Karina Pradityas. 2011. Analisis Pengaruh Brand Image, Biaya Pendidikan, dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Melanjutkan Studi Pada Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Semarang: Skripsi Undip.
Reber, Muhibbinsyah.1998. Psikologi Pendidikan dengan Strategi Baru. Jakarta: Rieneka Cipta.
Riani Nurainah Lisnasari dan Fitriany. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk”. The 2nd Accounting Conference, 1st Doctoral Colloquium, and Accounting Workshop Depok: 4-5 November 2008
Ridwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rivandi, M., & Kemala, E. R. (2021). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan dan Lama Pendidikan Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Akuntansi (PPAk) di Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas23: 1: 94-108.
Ruslan, D., & Situngkir, E. (Maret 2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Biaya Pendidikan Terhadap Minat Melanjutkan Studi Pada Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ekodik: Ekonomi Pendidikan7: 1: 19-30.
Sadono Sukirno. 2015. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Samiaji. 2004. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi, Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VI
Saputra, Wiko. 2006. Kuliah Itu Gampang. Cibubur: Visimedia.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, E., & Dwiarti, R. (2018). Pendekatan Hierarki Abraham Maslow Pada Prestasi Kerja Karyawan PT. Madubaru (Pg Madukismo) Yogyakarta. Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis, 6: 1: 58-77.
Sarlito Wirawan, Sarwono. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: Erlangga.
Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Studi Telematika, 2021 https://studi.telematika.org/prodi/1222284-pendidikan_bisnis/ (diakses 29/08/2021, Pukul 20:00).
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta
Sumadi, Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Supriadi, Dedi. (2010). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suprianto, E., & Nikmahi, M. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi Ditinjau dari Gender Dan Status Akreditasi Program Studi. Jurnal Akuntansi Indonesia2: 1: 17-25.
Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana, Jakarta.
Tengker, S. G. Victor dan Dra. Jenny Morasa, MSi, Ak, 2008. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) .Studi Pada Jurusan Akuntansi FE Unsrat Manado.
Tengker, Victor S. G. Morasa Jenny. (2007). Pengaruh Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak): Simposium Nasional Akuntansi. Manado.
Umriatun, S. (2017). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (Ppak)(Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Semarang). Semarang: Disertasi Universitas Negeri Semarang.
Usry, M. F., Hammer, L. H., & Carter, W. K. (1991). Cost accounting: planning and Control. College Division, South-Western Publishing Company.
Vesperalis, A. A. D., & RM, K. M. (2017). Pengaruh Motivasi Pada Minat Sarjana Akuntansi Universitas Udayana Untuk Mengikuti PPAK. E-Jurnal Akuntansi19: 2: 1691-1718.
Widyastuti, dkk. 2004. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Simposium Nasional Akuntans, 320-339.
Winardi, (2001). Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen, Cetakan Pertama,. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v11i2.12384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Pasca Dwi Putra, Nuri Zannah Elysa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |