Pengaruh Kemampuan Numerik terhadap Penalaran Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika

Erna Megawati(1*), Priarti Megawanti(2)

(1) UNIVERSITY OF INDRAPRASTA PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


memahami dan menalari soal matematika. Dengan demikian, seseorang harus memiliki Kemampuan Numerik yang baik agar mampu menentukan operasi matematika yang tepat saat menjawab soal, sehingga dibutuhkan Penalaran Logis agar ia bisa menalari secara logis konsep matematika. Selain itu, penalaran juga dapat membuat seseorang memahami secara mendalam perihal makna numerik dalam matematika di kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penalaran Logis dipengaruhi oleh kemampuan numerik pada mahasiswa Pendidikan Matematika di salah satu universitas swasta di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survai dengan analisis regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Numerik memiliki pengaruh terhadap Penalaran Logis.


Keywords


Angka Penalaran, Matematika

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Batanghari University.

Fauziah, L. U., Hobri, H., & Oktavianingtyas, E. (2016). Penalaran logis dalam memecahkan masalah matematika pokok bahasan aritmatika sosial pada siswa kelas vii smp negeri 4 jember. Jurnal Edukasi, 3(1), 15–17. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/download/4314/3253

Frosch, C., & Simms, V. (2015). Understanding the role of reasoning ability in mathematical achievement. In Euroasianpacific joint conference on cognitive science. European Conference on Cognitive Science. Retrieved from https://pure.ulster.ac.uk/ws/files/11498412/paper0105.pdf

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan antara kemampuan numerik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di pedesaan. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148–160. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/234747653.pdf

Irawaan, A. (2015). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1). Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download/138/132

Jelatu, S., Mon, M. E., & San, S. (2019). Relasi antara kemampuan numerik dengan prestasi belajar matematika. Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. Retrieved from https://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/download/2390/1524

Lee, K. (2011). Students’ logical reasoning and mathematical proving of implications. Michigan State University. Educational Psychology and Educational Technology. Retrieved from https://d.lib.msu.edu/islandora/object/etd:1959/datastream/OBJ/download/Students__logical_reasoning_and_mathematical_proving_of_implications.pdf

Megawanti, P., & Septiani, E. (2019). Relationship between linguistics intelligence to logical-mathematic intelligence in public elementary school students kelurahan cijantung, east jakarta. Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 118–124.

Nye, J., Clibbens, J., & Bird, G. (1995). Numerical ability, general ability and language in children with Down’s syndrome. Downs Syndrome Research And Practice, 3, 92–102. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/4cb9/98b50bae60db50771f0d0a82addde9f2fc6e.pdf

Palma, S., Gubernale, M., Guarnaccia, M. C., & Genovese, E. (2010). Numerical intelligence, verbal competence and intelligence in preschool children with cochlear implants: our findings in a clinical sample. Cochlear Implants International, 11(sup1), 355–359.

Said, H. B., Susanti, H., & Aisyah, A. (2017). Analisis kemampuan penalaran logis siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dalam menyelesaikan masalah logika matematika kelas xi sma negeri i tungkal ulu. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/download/11/7




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.11980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 erna megawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.