Analisis Kemampuan Ekoliterasi dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Ecoliteracy is a literacy that specifically studies the relationship between humans and the environment to support sustainable development. This study aims to analyze the ecoliteracy ability and the character care about environment of elementary school students. This study uses a mixed approach method that combines qualitative and quantitative methods, with research subjects are 4 classes of elementary school students in West Semarang. Data collection was carried out by interviews, instrument of ecoliteracy and self-assessment sheet to measure attitudes and skills abaout coliteracy and the character care about environment. The results show that learning or activities regarding ecoliteracy have never been carried out, so the cognitive and skill abilities of students' ecoliteracy are still low. Attitudes about coliteracy and environmental care characters are in the good category. The results of this study can be used to design activities or media that can develop ecoliteracy abilities and the character care about environment.
__________________________________________________________________________________________________________________________________________
Ekoliterasi merupakan literasi yang secara khusus mempelajari hubungan manusia dan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan ecoliteracy dan karakter peduli lingkungan siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 4 kelas siswa SD di Semarang Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara synchronous menggunakan aplikasi Zoom Clouds Meeting, instrumen soal ekoliterasi dan lembar penilaian diri untuk mengukur sikap-keterampilan ekoliterasi dan karakter peduli lingkungan. Hasil analisis menunjukkan jika pembelajaran atau aktivitas mengenai ecoliteracy belum pernah dilakukan, sehingga kemampuan kognitif dan keterampilan ekoliterasi siswa masih rendah. Sikap ekoliterasi secara tidak langsung dikembangkan bersama karakter peduli lingkungan yang sudah dibina sejak dini, sehingga masuk kategori baik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pendidik untuk merancang kegiatan pembelajaran atau media pembelajaran yang untuk mengembangkan kemampuan ecoliteracy dan karakter peduli lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 19(02), 227–252. https://doi.org/10.19109/tjie.v19i02.16
Asmani, J. M. 2013. Buku Panduan Internalisassi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Chiodini, J. (2020). Online learning in the time of COVID-19. Travel Medicine and Infectious Disease, 34 (April), 101669. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101669
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Hartono, R. (2020). Evaluating Sustainable Education Using Eco-Literacy. Habitat, 31(2), 78–85. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2020.031.2.9
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
INAP. (2016). Indonesia National Assessment Program. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Karlina, F., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Pengelolaan Sampah Melalui Group Investigation Berbasis Outdoor Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 991–1002.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
KLH. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mar'at, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nugraha, R. G. (2016). Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sd Melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1322
Nurdianti, Halidin, F. (2021). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(339), 20–28.
Rinehart, R. (2012). Thinking about Method. Teaching Undergraduate Research in Religious Studies. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199732869.003.0004
Rochimah, S. N. (2018). Peningkatan sikap peduli lingkungan menggunakan media pop up berbasis karakter pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah Pepe. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 26(7).
Rusmana, N. E., & Aulia, A. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. JESA Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 33–44. https://ejournal.stkip11april.ac.id/index.php/jesa/article/view/62/49
Utami, Aulia K Zuhda. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.11173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dewi Nilam Tyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |