Analisis Kemampuan Ekoliterasi dan Karakter Peduli Lingkungan Siswa SD Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Dewi Nilam Tyas(1*), Atip Nurharini(2), Desi Wulandari(3), Barokah Isdaryanti(4)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) 
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Ecoliteracy is a literacy that specifically studies the relationship between humans and the environment to support sustainable development. This study aims to analyze the ecoliteracy ability and the character care about environment of elementary school students. This study uses a mixed approach method that combines qualitative and quantitative methods, with research subjects are 4 classes of elementary school students in West Semarang. Data collection was carried out by interviews, instrument of ecoliteracy and self-assessment sheet to measure attitudes and skills abaout coliteracy and the character care about environment. The results show that learning or activities regarding ecoliteracy have never been carried out, so the cognitive and skill abilities of students' ecoliteracy are still low. Attitudes about coliteracy and environmental care characters are in the good category. The results of this study can be used to design activities or media that can develop ecoliteracy abilities and the character care about environment.

__________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ekoliterasi merupakan literasi yang secara khusus mempelajari hubungan manusia dan lingkungan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan ecoliteracy dan karakter peduli lingkungan siswa SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix method yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 4 kelas siswa SD di Semarang Barat.  Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara synchronous menggunakan aplikasi Zoom Clouds Meetinginstrumen soal ekoliterasi dan lembar penilaian diri untuk mengukur sikap-keterampilan ekoliterasi dan karakter peduli lingkunganHasil analisis menunjukkan jika pembelajaran atau aktivitas mengenai ecoliteracy belum pernah dilakukan, sehingga kemampuan kognitif dan keterampilan ekoliterasi siswa masih rendah. Sikap ekoliterasi secara tidak langsung dikembangkan bersama karakter peduli lingkungan yang sudah dibina sejak dini, sehingga masuk kategori baik. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pendidik untuk merancang kegiatan pembelajaran atau media pembelajaran yang untuk mengembangkan kemampuan ecoliteracy dan karakter peduli lingkungan.


Keywords


Ecoliteracy; Character care about environment; Elementary school; ekoliterasi; karakter peduli lingkungan, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 19(02), 227–252. https://doi.org/10.19109/tjie.v19i02.16

Asmani, J. M. 2013. Buku Panduan Internalisassi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Chiodini, J. (2020). Online learning in the time of COVID-19. Travel Medicine and Infectious Disease, 34 (April), 101669. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101669

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to Support the Wellbeing of Children. Journal of Pediatric Nursing, 53, 88–90. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013

Hartono, R. (2020). Evaluating Sustainable Education Using Eco-Literacy. Habitat, 31(2), 78–85. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2020.031.2.9

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

INAP. (2016). Indonesia National Assessment Program. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Karlina, F., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Pengelolaan Sampah Melalui Group Investigation Berbasis Outdoor Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 991–1002.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

KLH. (2012). Pedoman Penyelenggaraan Inventarisasi Gas Rumah Kaca Nasional. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.

Kurniawan, S. (2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mar'at, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nugraha, R. G. (2016). Meningkatkan Ecoliteracy Siswa Sd Melalui Metode Field-Trip Kegiatan Ekonomi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Mimbar Sekolah Dasar, 2(1), 60–72. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i1.1322

Nurdianti, Halidin, F. (2021). Pengaruh Minat dan Lingkungan Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(339), 20–28.

Rinehart, R. (2012). Thinking about Method. Teaching Undergraduate Research in Religious Studies. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199732869.003.0004

Rochimah, S. N. (2018). Peningkatan sikap peduli lingkungan menggunakan media pop up berbasis karakter pada siswa kelas IA SD Muhammadiyah Pepe. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 26(7).

Rusmana, N. E., & Aulia, A. (2017). Pembelajaran Ekoliterasi Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. JESA Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 33–44. https://ejournal.stkip11april.ac.id/index.php/jesa/article/view/62/49

Utami, Aulia K Zuhda. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X MAN 4 Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Zuchdi, Darmiyati. 2011. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i3.11173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dewi Nilam Tyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.