Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Di SD Negeri 1 Karanganyar
(1) SD Negeri 1 Karanganyar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, I. A. D., Dasmo, D., Nurullaeli, N., & Rangka, I. B. (2018). The impact of pocket mobile learning to improve critical thinking skills in physics learning. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, No. 1, p. 012030). IOP Publishing.
Astuti, I. A. D., Okyranida, I. Y., Bhakti, Y. B., & Dewati, M. (2020). Increasing the Students’ Practicum Skills via Flipped Classroom Model. In 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019) (pp. 364-369). Atlantis Press.
Avianto, Y. F., & Prasida, T. A. S. (2018). Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game. Aksara, 30(1), 133-148.
Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., & Rahmawati, E. Y. (2020). Improving Students’ Problem Solving Ability Through Learning Based Videoscribe. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 61-67.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Ermawati, Y., & Adipitoyo, S. (2020). Building the Character of Elementary School Students through Javanese Language Learning. In International Conference on Research and Academic Community Services (ICRACOS 2019) (pp. 157-161). Atlantis Press.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom–revisi ranah kognitif: kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan penilaian. Premiere educandum: jurnal pendidikan dasar dan pembelajaran, 2(02).
Kurniati, E. (2015). Implementasi pembelajaran bahasa jawa sd yang integratif komunikatif berbasis folklore lisan sebagai wujud konservasi budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2).
Lepiyanto, A. (2014). Analisis Keterampilan Proses Sains pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Bioedukasi, 5 (2), 159.
Mulyasa, E. (2010). Kurkulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Nafisah, D. (2016). Peran pendidikan muatan lokal terhadap pembangunan karakter bangsa. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 451-468.
Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan pengembangan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Perta, P. A., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Peningkatan aktivitas dan kemampuan menalar siswa melalui model pembelajaran siklus belajar 5E. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 72-81.
Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pemanfaatan YouTube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282-289.
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252-261.
Wibawa, S. (2011). Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Jawa di Sekolah. dalam Muhammad, Rohmadi dan Lili, Hartono (Ed.). Kajian Bahasa Sastra dan Budaya Jawa: Teori dan Pembelajarannya, 15.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v9i1.10155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Budiono Budiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Universitas Indraprasta PGRI Address: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |