Pengaruh Penggunaan Media Permainan Scrabble Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X, SMA Tugu Ibu, Depok, Jawa Barat
(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Peneliti ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, peneliti menggunakan media scrabble sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa anak lebih antusias dan aktif belajar di kelas. Penggunaan media permainan scrabble dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Terdapat perbedaan rata-rata pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata kelas kontrol sebesar 29,4, sedangkan kelas eksperimen sebesar 82,4. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh sebesar 17% antara kelas yang menggunakan media permainan scrabble dan kelas yang tidak menggunakan media permainan.
Kata Kunci: permainan, scrabble, menulis, prosedur.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto. (2006). Managemen Pengajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hermowo. (2008). Mengasah Otak Setajam Silet. Jakarta: Kaifa.
Nurgiyantoro, B. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.
Potter, B. D. (2001). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Jakarta: Mizan Publika.
Riduwan, M. J. (2014). Tips Membangun Belajar di Sekolah. Jakarta. Diva Press.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Yunus, S. (2016). Kompetensi Menulis Kreatif. Solo: Ghalia Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i03.961
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mu'thia Mubasyira, Sigit Widiyarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
![]() Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |