Proses Fonologis dan Pengkaidahannya dalam Kajian Fonologi Generatif

Saidatun Nafisah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses-proses fonologis beberapa bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fonologi generatif. Data penelitian ini adalah data fonologis yang berasal dari beberapa bahasa. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan metode refleksif introspektif untuk data bahasa yang dikuasai oleh penulis. Selain bahasa yang dikuasai penulis, data diambil dari buku-buku yang memuat data yang berasal dari bahasa lain. Ada beberapa cara menganalisis data. Yang pertama, mengumpulkan data dan mengidentifikasinya. Yang kedua adalah mengklasifikasikan data, menganalisis data, membuat kaidah fonologis, dan menjelaskan hasil temuan. Dari hasil analisis yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa fonologi generatif dapat menjadi pendekatan yang relevan yang dapat digunakan untuk menjelaskan proses fonologis bahasa-bahasa yang berbeda. Dengan menggunakan fonologi generatif, ditemukan beberapa proses fonologis bahasa antara lain penambahan bunyi, pelesapan bunyi, koalisi, dan asimilasi.         

Kata Kunci: proses fonologis, kaidah fonologi, fonologi generative


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Eugene, A. N. (1949). The Descriptive Analysis of Words, second edition. Michigan: University of Michigan Press.

Odden, D. (2005). Introducing Phonology. Cambridge: Cambridge University Press.

Luqman, M. (2010). Fonologi Generatif. Makalah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ramelan. (1985). English Phonetics. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sawirman. (2008). Suprasegmental sebagai Lahan Cultural Studies, ebook 135. Diunduh dari http://sawirman-e135.blogspot.com/2009/08/e-135-sawirman-dan-suprasegmental-2008.html.

Schane, S. A. (1992). Fonologi Generatif: Terjemahan Kentjanawati Gunawan. Jakarta: Summer Institute of Linguistics-Indonesia.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sutomo, J. (2012). English phonological processes, a study of generative phonology. Jurnal Dinamika Bahasa dan Budaya Vol. 7 No.2 2012. Semarang: Unisbank.

Yusuf, S. (1998). Fonetik dan Fonologi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.940

Article metrics

Abstract views : 376 | Full Text views : 4786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracting and Indexed by:


Editorial Office:
Research and Community Service
Universitas Indraprasta PGRI

Campus A : Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
Statistik Deiksis

Flag Counter

Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.