Analisis Kemampuan Baca Tulis Melalui Media Pembelajaran Cerita Rakyat pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah kemampuan baca tulis melalui media pembelajaran cerita rakyat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dilandasi oleh masih rendahnya kemampuan membaca dan menulis pada anak Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif analisis deskriptif yang bermaksud guna mengumpulkan informasi tentang kemampuan baca tulis melalui media pembelajaran cerita rakyat pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang sedang mengadakan program belajar dari rumah karena adanya wabah virus corona (Covid-19) dengan sampel 2 orang. Pengolahan data hasil penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif guna mendeskripsikan kemampuan baca tulis siswa kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengambilan sampel ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV Sekolah Dasar secara umum sudah mempunyai kemampuan baca dan tulis yang baik. Penggunaan media cerita rakyat menjadi salah satu media untuk kegiatan belajar mengajar pilihan yang dapat digunakan guna melihat kemampuan membaca dan menulis pada siswa.
Kata kunci: Kemampuan Baca Tulis, Media Pembelajaran, Cerita Rakyat
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alfu, N. L. (2015). Pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah di Banjarmasin. Mu'adalah; Jurnal Studi Gender dan Anak, 2(2).
Frutescen, D., & Halidjah, S. (2015). Pengaruh penggunaan media film kartun cerita rakyat terhadap kemampuan menulis karangan narasi Kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(1).
Karim, K. H. (2016). Problematika pembelajaran menulis permulaan pada siswa sekolah dasar. PEDAGOGIK, 4(1).
Mahsun, M., & Khoiriyah, M. (2019). Meningkatkan keterampilan membaca melalui media big book pada siswa kelas 1A MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 62.
Marwati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 452.
Nurfadillah, D., & Indihadi, D. (2018). Penggunaan media cerita bergambar dalam penguraian pesan pada dongeng di sekolah dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 5(4), 218.
Ramadania, F., & Irmayanti, I. A. (n.d.). Cerita rakyat sebagai sarana pengenalan budaya nusantara dalam pengajaran sastra di sekolah dasar. Diakses dari http://pbsi.stkipbjm.ac.id/wp-content/uploads/2018/09/Ramadania-F-2017-Cerita-Rakyat-Sebagai-Sarana-Pengenalan-Budaya.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6485
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sofia Nurul Aini, Aninditya Sri Nugraheni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |