Kesalahan Sintaksis dalam Penulisan Teks Recount Bahasa Inggris
(1) UNJ
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis teks recount karangan siswa kelas VIII SMP Islamiyah, Depok, sampel diambil 10 karangan teks recount yang ditulis oleh siswa, tahun ajaran 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan jenis kesalahan-kesalahan sintaksis dalam karangan teks recount siswa dan seberapa sering kesalahan itu dibuat. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan diidentifikasi dan diklasifikasikan menggunakan kategori taksonomi linguistik dan siasat permukaan Politzer dan A Ramirez. Hasil yang ditemukan kemudian didefinisikan berdasarkan jenis kesalahan sintaksis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan umum tentang jenis kesalahan yang umum dilakukan siswa dan membantu mereka memutuskan usaha guru untuk menghindari kesalahan tersebut. Dari sepuluh karangan teks recount siswa yang diteliti, ditemukan 141 berdasarkan kategori lingusitik, kesalahan yang paling banyak ditemukan 61 kesalahan penggunaan kata kerja dengan persentase 41%. Ditemukan 131 kesalahan berdasarkan taksonomi siasat permukaan, kesalahan yang paling banyak ditemukan 58 kesalahan struktur. Bentuk kesalahan yang ditemui merupakan kelalain siswa dalam menggunakan kata kerja yang sesuai dengan struktur yang sesuai dengan kaidah bahasa. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam struktur kalimat mengakibatkan kesalahan penggunaan kata kerja yang sesuai.
Kata Kunci: Kesalahan Sintaksis, Teks Recount
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arifin, A., & Rois, S. (2017). Kesalahan leksikogramatikal pada teks recount. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 1 (2), 144-152.
Azar, B. S. (2003). Fundamentals of english grammar (3rd ed.). New York: Longman.
Bailey, S. (2006). Academic writing: A handbook for international students (2nd ed.). New York: Routldege.
Besserat, D. S., & Errad, M. (2008). Handbook of research on writing. New York: Lawrence Erlbaum Associated.
Dulay, H., Burt, M., & Krashen, S. (1982). Language two. USA: Oxford University Press.
Greenbaum, S., & Nelson, G. (2002). An introduction to English grammar. Pearson Education.
Hidayati, S. (2011). Error analysis on a short speech: A case of an esl Indonesian learner. Journal of English Culture, Language, Literature, and Education, 5(1), 11-21.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus mata pelajaran sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah mata pelajaran bahasa Inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marita, Y. (2013). Kesalahan phrasal verb dalam esai berbahasa inggris (Penelitian analisis isi pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Marza, L., & Al-Hafizh, M. (2013). Teaching writing recount text to junior high-school students by using Facebook peer-comment. Journal of English Language Teaching, 1(2), 683-692.
Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyani, U., & Al-Hafizh, M. (2012). Teaching junior high school students to write recount text through wikis media. Journal of English Language Teaching, 1(1), 225-229.
Ramli, D., Suhartono, L., & Novita, D. (2013). An analysis on the students’error in writing recount text. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(2).
Richards, J. C. (1974). Error analysis: Perspective on second language acquisition. London: Longman Group Limited.
Sari, M. K. (2017). An analysis of students’ problem in writing recount text. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 2(1), 14-21.
Tarigan, H. G. (2011). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosa Kata terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi. Pesona: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 74-80.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.5845
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fadilah Kamal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. |
|
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. |