Code Mixing and Code Switching Found in Video Instagram

Siti Nita Kartika(1*), Ratri Harida(2), Adip Arifin(3)

(1) STKIP PGRI Ponorogo
(2) STKIP PGRI Ponorogo
(3) STKIP PGRI Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ujaran Baby Moonella yang mengandung campur kode dan alih kode di video Instagram miliknya. Ada 5 video yang dipilih dengan mempertimbangkan kecukupan representasi penggunaan alih kode dan campur kode kekinian. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari hasil transkripsi tuturan Baby Moonella. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teori dari Hymes (1986) dan Siregar (1996) yang diadaptasi dari Hoffman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada tiga jenis alih kode dan dua jenis campur kode yang digunakan Baby Monella, seperti: tag code switching, inter-sentential switching, intra-sentential switching, intra-sentential mixings, insertion in extra-sentential mixing, dan alternation in Extra-sentential mixing. Jenis yang paling dominan digunakan dalam tutur kata Baby Moonella yaitu intra-sentential switching dan extra-sentential mixing dalam bentuk alternation. Alasan Baby Moonella melakukan pencampuran kode dan alih kode karena dia meniru apa yang dikatakan ibunya. Dia sering merasa kebingungan dengan perubahan bahasa dalam percakapan sehari-harinya. Banyak kata dalam Bahasa Inggris yang dia sendiri tidak mengetahui arti dan padanannya dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, Baby Moonella juga sudah dibiasakan oleh orang tuanya untuk menggunakan dua bahasa dalam komunikasi sehari-hari.

 

Kata Kunci: alih kode, campur kode, video instagram, Babby Moonella


Full Text:

PDF (ENGLISH)

References


Arifin, A. (2016). Recognizing the students’ intelligences earlier. Deiksis, 08(03), 217–225. https://doi.org/10.30998/deiksis.v8i03.691

Arifin, A. (2018). How non-native writers realize their interpersonal meaning? Lingua Cultura, 12(May), 155–161. https://doi.org/10.21512/lc.v12i2.3729

Finegan, D. B. E. (1994). Sociolinguistics Perspective on Register. New York: Oxford University Press.

Hoffman, C. (1991). An Introduction to bilingualism. New York: Longman.

Hymes, D. (1986). Directions in Sociolinguistic: The ethnography of communication. Oxford: Blackwell.

Margana. (2016). Alih Kode dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di SMA. Litera, 12(1), 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v12i01.1324

Muysken, P. (2000). Bilingual speech: A typology of code mixing. Cambridge: Cambridge University Press.

Rahmania, N. A. (2016). Code Switching used by Kimmy Jayanti ‘Ilook’ Program on Net TV. Thesis: Maulana Malik Ibrahim Islamic State University.

Sari, D. M. (2013). An Analysis Code Switching and Code Mixing used in a Talk Show Hitam Putih.

Siregar, B. U. (1996). Code Alternation-in Bilingual Speech Behavior. University of North Sumatera.

Wakhidah, S., & Sudaryanto. (2019). Analisis campur kode dalam iklan daring Lazada edisi April 2019: Kajian Sosiolinguistik. Deiksis, 11(03), 269–275. https://doi.org/10.30998/deiksis.v11i03.3852

Wardaugh., R. 1998. A. I. to S. N. Y. B. (1998). An Introduction to Sociolinguistics. New York: Blackwell.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v12i03.5583

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Siti Nita Kartika, Ratri Harida, Adip Arifin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  Publisher:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 


  Creative Commons License
Deiksis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.